Berita Aktual – HD Picture – Anime Picture

Kiat Otomotif Korea Membidik Potensi Pasar di Tanah Air

Produk Hyundai memiliki jaminan buy back guarantee hingga 70 persen

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA–Industri otomotif Korea Selatan dan Cina kini terus bergeliat menghadirkan beragam model canggih di Tanah Air, baik kendaraan listrik muapun konvensional. Keduanya bersaing untuk mematahkan dominasi produk Jepang yang terlebih dahulu merajai industri otomotif Tanah Air. 


Namun, industri otomotif Korea diyakini memiliki perbedaan dari rivalnya asal Cina. Perbedaan inilah yang membuat produk Korea memiliki penggemar tersendiri di pasar Indonesia. “Kami punya fan based tersendiri, termasuk K Pop yang punya fan based,” kata Raynaldi Setiawan, Managing  Director Andalan Motor, Kamis (4/8/2022).  


Selain itu, produk Korea seperti Hyundai yang dipasarkan di Indonesia memiliki jaminan buy back guarantee atau jaminan pembelian kembali hingga 70 persen yang berlaku selama tiga tahun dengan sejumlah ketentuan. “Ini yang membuatnya lebih dibanding dengan produk lain,” katanya.


Demikian pula dengan model kendaraan yang berbeda dari kendaraan keluarga pada umumnya. Mulai dari eksterior, interior dan performa mesin yang menjanjikan, termasuk fasilitas premium yang disematkan di berbagai model unggulannya. Karena itu Hyundai Motors Indonesia menampilkan SUV Creta, kini telah menampilkan Stargazer, yang membidik kelas LMPV. Melihat dari disain Hyundai, seakan ada suatu yang baru ditawarkan kepada konsumen di Tanah Air.


Peta persaingan akan kian ketat karena semua pabrikan  telah menampilkan produk unggulan mereka di kelas MPV, khususnya LMPV yang merupakan pasar terbesar otomotif Tanah Air. Pasar MPV mencapai 45 persen dan didalamnya 70 persen tergolong LMPV.  Kini tinggal berpulang kepada aktivitas pemasaran yang jeli dalam membidik potensi pasar. “Buat kami, loyalitas konsumen adalah awal perjalanan. Hadiah ini merupakan bentuk apresiasi. Hal penting bagi kami adalah kepuasan konsumen, sehingga mereka mau merekomendasikan Hyundai ke orang lain,” kata Raynaldi.


Hyundai Andalan, selaku salah satu jaringan dealer Hyundai di Indonesia dalam memanjakan konsumen dengan fasilitas hadiah bagi pemenang program Kejutan Untung Berlipat Bersama Hyundai (Ketupat). Dalam program itu digelar PT Hyundai Motors  Indonesia (HMID) selama April dan Mei 2022 untuk menyambut Ramadhan dan Lebaran, konsumen yang membeli Hyundai Creta berkesempatan mendapatkan satu unit Staria Signature 9, empat unit Creta Style, 43 hadiah umrah tour religi dan hadiah lainnya.  “Jadi, mereka membeli Creta dan mendapatkan hadiah Creta,” ujar Raynaldi di sela penyerahan hadiah kepada pemegang program Ketupat. 


Program tersebut diyakini mampu membangun hubungan baik dengan konsumen. Saat ini pihaknya telah mengoperasikan sembialn diler yang dilengkapi sarana servis yang lengkap, suku cadang dan penjualan produk. 


 


 

Leave a Reply

Your email address will not be published.