Berita Aktual – HD Picture – Anime Picture
Berita  

3 Kloter Terakhir Jemaah Haji Berangkat ke Madinah, Kepala Daker Makkah: Alhamdulillah

Suara.com – Sebanyak tiga kloter terakhir jemaah haji telah berangkat ke Madinah hari ini, Kamis (4/8/2022) untuk proses pulang ke Tanah Air. Hal ini menandai pula berakhirnya operasional penyelenggaran haji di Daerah Kerja (Daker) Makkah.

Adapun tiga kloter jemaah haji yang dimaksud adalah kloter 8 Embarkasi Balikpapan (BPN), serta kloter 42 dan 43 Embarkasi Solo (SOC). Kepala Daker Makkah M Khanif pun mengucapkan syukur setelah tugasnya selesai dengan baik.

“Alhamdulillah, operasional layanan Daker Makkah berakhir hari ini. Sebanyak 45.124 jemaah haji yang tergabung dalam 114 kloter sudah dipulangkan ke Tanah Air melalui Bandara Internasional King Abdul Aziz, Jeddah, dari 15 hingga 30 Juli 2022,” terang Kepala Daker Makkah M Khanif di Makkah, Kamis (4/8/2022).

Khanif menjelaskan bahwa hari ini ada tiga kloter jemaah haji gelombang kedua yang telah diberangkatkan menuju Madinah, yaitu:BPN 8, SOC 42, dan SOC 43.

Baca Juga:
Alhamdulillah, Sebanyak 62.721 Jemaah Haji Asal Indonesia Telah Tiba di Tanah Air

Pemulangan jemaah haji gelombang kedua dari Makkah menuju Madinah berlangsung sejak 21 Juli 2022. Berdasarkan penjelasan Khanif, total ada 47.460 jemaah haji Indonesia yang telah diberangkatkan dari Makkah menuju Madinah hingga 4 Agustus 2022.

Mereka tergabung dalam 126 kloter. Dari jumlah itu, ada 55 jemaah yang dirawat, dengan rincian: 18 jemaah dirawat di Makkah, 34 di Madinah, dan 3 orang dirawat di Jeddah.

Untuk lokasinya, 35 jemaah dirawat di Klinik Kesehatan Haji Indonesia (KKHI) dan 20 jemaah dirawat di Rumah Sakit Arab Saudi (RSAS).

Khanif pun menjelaskan bahwa hingga hari ini, sebanyak 84 jemaah haji Indonesia wafat di Arab Saudi.

Meskipun operasional Daker Makkah rampung, bukan berarti layanan haji 2022 ikut berakhir. Para petugas haji kini fokus untuk memberikan layanan kepada jemaah haji di Madinah, baik di hotel maupun layanan kepulangan melalui Bandara Amir Muhammad bin Abdul Aziz (AMAA).

Baca Juga:
62.721 Jemaah Haji Sudah Tiba di Tanah Air

Jemaah haji gelombang kedua tinggal di Madinah dalam rentang delapan atau sembilan hari. Mereka menjalani ibadah Arbain atau salat wajib berjamaah selama 40 waktu.

Leave a Reply

Your email address will not be published.