Berita Aktual – HD Picture – Anime Picture
Berita  

6 Tradisi Unik Dalam Perayaan HUT RI, Pacuan Kuda hingga Kesenian Ekstrem

Suara.com – Bulan Agustus merupakan bulan kemerdekaan untuk bangsa Indonesia. Sebab di bulan ini, tepatnya tanggal 17 Agustus 1945, Indonesia memperoleh kemerdekaannya setelah ratusan tahun di jajah oleh negara lain. Oleh karena itu, semua orang selalu menyambut baik datangnya bulan Agustus. Dimana pada bulan ini semua orang bersuka cita merayakan hari kemerdekaan dengan sejumlah acara, lomba dan termasuk tradisi HUT RI unik.

Tiap daerah memiliki ragam tradisi sendiri dalam menyambut perayaan Hari Kemerdekaan. Apa saja tradisi unik tersebut? Berikut ulasannya.

1. Tradisi Pacu Kude di Aceh

Tradisi Kude Pacu yang dilakukan oleh warga Naggroe Aceh Darussalam sebenarnya sudah dilakukan sejak masa kolonial. Tradisi ini merupakan permainan rakyat yang biasa dilakukan setelah masa panen selesai.

Baca Juga:
Masyarakat Diminta Tetap Disiplin Protokol Kesehatan Saat Perayaan Kemerdekaan

Tradisi ini merupakan kegiatan olah raga balap kuda. Dan biasanya kuda yang digunakan adalah persilangan antara kuda Australia dan Kuda Gayo.

Meski berasal dari permainan rakyat sejak jaman penjajahan Belanda, tradisi ini kemudian jadi sering dilakukan ketika perayaan HUT RI setiap tahunnya, tepatnya sejak 1956 oleh pemerintah setempat.

Sejak itulah masyarakat Aceh menganggap tradisi Pacu Kude menjadi symbol perjuangan rakyat Indonesia dalan memperjuangkan kemerdekaan.

2. Lomba Dayung di Banjarmasin

Di Banjarmasin, Kalimantan Selatan, Lomba Dayung Perahu Naga selalu digelar jelang perayaan Hari Kemerdekaan RI. Lomba ini digelar di sungai Martapura dan suda dilakukan sejak 1924. Selain untuk merayakan Hari Kemerdekaan RI, lomba ini juga dilakukan sebagai ajang untuk mencari bibit-bibit pendayung andal Indonesia.

Baca Juga:
Twibbon HUT RI ke 77

3. Obor Estafet di Semarang

Bergeser ke Semarang, Jawa Tengah. Di sana ada sebuah tradisi yang tidak kalau unik dan meriah dalam merayakan Hari Kemerdekaan RI. Tradisi tersebut merupakan lomba lari obor estafet yang dilakukan oleh warga Kelurahan Papandayan, Kecamatan Gajahmungkur, Semarang Jawa Tengah.

Warga di daerah tersebut sudah cukup lama melakukan tradisi ini jelang HUT RI, yakni selama kurang lebih 30 tahun. Warga menggunakan obor dalam tradisi ini sebagai symbol semangat perjuangan para pahlawan saat memeperjuangkan kemerdekaan RI.

4. Sepakbola durian di Kebumen

Masih dari Jawa Tengah, warga Kebumen memiliki satu tradisi unik dalam menyambut perayaan Hari Kemerdekaan RI. Tradisi tersebut merupakan lomba sepakbola menggunakan durian. Karena cukup ekstrem, maka biasanya lomba ini diikuti oleh orang-orang tertentu saja, diantaranya lascar Densus dan anggota forum spiritual.

5. Peresean di Lombok Nusa Tenggara Barat

Setiap tahun, warga Lombok menggelar lomba Peseran dam menyambut Perayaan HUT Kemerdekaan RI. Peresean merupakan kesenian tradisional masyaralat Suku Sasak Lombok, Nusa Tenggara Barat.

Tradisi ini merupakan adu ketangkasan antara dua orang pria dengan cara saling serang dengan menggunakan senjata dari rotan dan perisai yang terbuat dari kulit sapi atau kulit kerbau.

Meski terkesan ekstrem, Peresean bukan hanya sekadar adu ketangkasan semata. Tradisi ini juga mengandung mekna persaudaraan dan sikap ksatria para pria yang mengikuti adu ketangkasan ini.

Itu tadi ulasan mengenai sejumlah tradisi unik warga di sejumlah daerah dalam menyambut hari kemerdakaan RI. Semoga bermanfaat dan menambah wawasan kita semua.

Kontributor : Damayanti Kahyangan

Leave a Reply

Your email address will not be published.