Berita Aktual – HD Picture – Anime Picture
Berita  

Sepak Terjang Ferdy Sambo, Ini Jabatan yang Pernah Diemban hingga Dimutasi ke Yanma Polri

Suara.com – Irjen Ferdy Sambo kini telah digantikan oleh Irjen Syahardiantono sebagai Kadiv Propam baru.

Adapun sebelumnya Ferdy Sambo dinonaktifkan dari jabatan tersebut sebagai buntut kematian ajudannya, Brigadir Nofriansyah Yosua Hutabarat alias Brigadir J yang tewas di kediaman sosok eks Kadiv Propam itu.

Kini, Ferdy Sambo dimutasi ke bagian Yanma Polri atau Pelayanan Markas Kepolisian Negara Republik Indonesia.

Penunjukan Syahardiantono sebagai Kadiv Propam pengganti Ferdy Sambo tertuang dalam Telegram Kapolri ST Nomor: 1628/VIII/KEP/2022 yang ditandatangani Kamis (4/8/2022) lalu.

Baca Juga:
Ferdy Sambo Dimutasi Jadi Yanma Polri, Ini Fungsi dan Tugas Pokoknya

Sebelumnya, Ferdy Sambo telah melalang buana sebagai Perwira Bhayangkara dan mengemban berbagai jabatan hingga tuntaskan segudang kasus besar yang menggemparkan negeri.

Berikut sepak terjang Ferdy Sambo dan jabatan yang pernah diemban sepanjang kariernya di Polri.

Lulus Akpol dan segudang sekolah kepolisian lainnya

Perwira berpangkat Inspektur Jendral Polisi tersebut lulus Akademi Kepolisian pada tahun 1994. Ia disebut memiliki berbagai rekam jejak pendidikan yang lengkap lantaran mengenyam pendidikan di berbagai sekolah kepolisian.

Adapun Ferdy Sambo lulus Sekolah Tinggi Ilmu Kepolisian pada 2003 dan melanjutkan pendidikan di Sekolah Staf dan Pimpinan Lembaga Pendidikan dan Pelatihan Kepolisian Negara Republik Indonesia hingga lulus pada 2008.

Baca Juga:
7 Kasus Besar yang Dibongkar Irjen Ferdy Sambo: Kopi Sianida hingga Djoko Tjandra

Tak berhenti di situ, Ferdy Sambo juga mengenyam pendidikan di Sekolah Staf dan Pimpinan Tinggi Sespim Lemdiklat Polri dan lulus pada 2018 lalu.

Jabatan terdahulu Ferdy Sambo hingga jadi Kadiv Propam

Ferdy Sambo telah mengemban berbagai jabatan penting sebelum kini dimutasi ke Yanma Polri.

Pada masa awal kariernya, Ferdy Sambo menjabat sebagai Kanit Resintel di berbagai Polsek yang tersebar di kawasan Jakarta Timur.

Salah satunya, ia menjabat Kanit Resintel Polsek Metro Pasar Rebo Polres Metro Jakarta Timur pada 1997 silam. Dua tahun setelahnya, ia ditunjuk untuk menjabat Wakapolsek Metro Matraman Polres Metro Jakarta Timur.

Ferdy Sambo menjabat  Kasatreskrim Polres Jakbar pada 2010 hingga ditunjuk menjadi Kapolres Purbalingga dari 2013 hingga 2014.

Berkat kinerjanya, ia kemudian ditunjuk menjadi Wadirkirmum Polda Metro Jaya pada 2015 silam. Pada beberapa tahun setelahnya, ia berhasil menjabat Dirtipidum Mabes Polri. 

Irjen Ferdy Sambo sempat menjabat Kadiv Propam sejak 2020 sebelum dinonaktifkan lantaran mencuatnya kasus kematian Brigadir J yang merupakan ajudannya sendiri.

Pernah menangani segudang kasus besar

Sepanjang kariernya, Irjen Ferdy Sambo berhasil meringkus berbagai kasus besar yang pernah menggemparkan negeri.

Ferdy Sambo yang kala itu berpangkat AKBP berhasil meringkus teroris Sarinah pada 2016 bersama Kapolda Metro Jaya Tito Karnavian.

Masih berpangkat AKBP, Ferdy Sambo selaku Wadirkrimum Polda Metro Jaya turut mengungkap pembunuhan Mirna Salihin yang diduga diracun menggunakan sianida oleh sahabatnya sendiri, Jessica Kumala Wongso.

Ferdy Sambo kemudian naik pangkat hingga Brigjen dan berhasil mengungkap kasus kebakaran Kejagung pada Agustus 2020 silam.

Kini dimutasi ke Yanma Polri

Jabatan terkini Ferdy Sambo adalah sebagai Pati Yanma Polri. Divisi kepolisian tersebut bertugas langsung di bawah Kapolri dalam urusan pengelolaan Markas.

Tugas-tugas yang kini diberikan kepada Ferdy yakni berada dalam seputar pemeliharaan fasilitas markas seperti sarana prasarana dan sarana angkutan. 

Kontributor : Armand Ilham

Leave a Reply

Your email address will not be published.