Berita Aktual – HD Picture – Anime Picture

Gajah Asia catatkan peningkatan kelahiran di China

Jakarta (ANTARA) – Hari Gajah Sedunia diperingati pada 12 Agustus setiap tahun. Provinsi Yunnan di China barat daya saat ini mencatatkan “baby boom” (peningkatan angka kelahiran) gajah Asia liar.

Populasi gajah Asia liar di Provinsi Yunnan mencapai sekitar 360 ekor pada 2021, meningkat lebih dari 60 ekor dari jumlah awal 293 ekor yang tercatat pada 2018.

Gajah Asia, yang merupakan spesies penting dalam ekosistem hutan hujan, berada di bawah perlindungan nasional kelas satu di China. Gajah tersebut kebanyakan ditemukan di Provinsi Yunnan.

Pertumbuhan populasi spesies tersebut di China telah menunjukkan peningkatan berkelanjutan negara itu dalam hal lingkungan ekologi dan keanekaragaman hayatinya.

Provinsi Yunnan telah meningkatkan habitat gajah-gajah itu dan memperkuat pembangunan berbagai sistem, termasuk sistem pemantauan, peringatan dini, dan tanggap darurat, untuk meminimalkan terjadinya insiden konflik manusia dengan gajah.

Provinsi tersebut juga telah membentuk sebuah komite ahli untuk perlindungan gajah Asia guna melakukan penelitian tentang spesies tersebut, demikian Xinhua dikutip Sabtu.

Baca juga: Provinsi Yunnan di China laporkan 360 ekor gajah Asia liar

Baca juga: Sejumlah anak gajah Asia liar yang baru lahir terlihat di Yunnan

Baca juga: 39 gajah liar makan hasil pertanian di Yunnan, China

Penerjemah: Xinhua
Editor: Ida Nurcahyani
COPYRIGHT © ANTARA 2022

Leave a Reply

Your email address will not be published.