Berita Aktual – HD Picture – Anime Picture
Berita  

Puasamu Perisaimu, Baik di Dunia Maupun di Akhirat

Suara.com – Mungkin kita sudah sering mendengar istilah ‘puasamu perisaimu‘. Memangnya, apa sih maksud dari istilah puasamu perisaimu tersebut?

Perisai merupakan sebuah alat yang berfungsi untuk melindungi dari suatu bahaya. Umat muslim memerlukan perisai untuk berlindung dari sebuah bahaya. Dalam Islam, ibadah puasa ternyata dapat menjadi perisai yang akan melindungi kita dari api neraka di akhirat kelak, sehingga muncul istilah puasamu perisaimu.

Dalam sebuah hadits, Nabi Muhammad SAW bersabda: “Puasa adalah perisai” (HR. Bukhari dan Muslim).

Yang dimaksud puasa sebagai perisai adalah puasa akan menjadi pelindung yang akan melindungi kita di dunia dan juga di akhirat. Adapun di dunia, puasa akan menjadi pelindung yang akan menghalangi kita mengikuti godaan syahwat yang terlarang pada saat berpuasa.

Baca Juga:
Lebih Baik dari Semua Isotonik, Dr. Zaidul Akbar Ungkap Cairan Pencegah Dehidrasi Alami

Oleh karena itu, tidak boleh bagi orang yang berpuasa untuk membalas orang yang menganiaya dirinya dengan balasan serupa. Sehingga jika ada yang mencela ataupun menghina dirinya maka hendaklah dia mengatakan ‘Aku sedang berpuasa’. 

Sedangkan di akhirat, puasa menjadi perisai dari api neraka, yang akan melindungi dan menghalangi kita dari api neraka pada hari kiamat (Syarh Arba’in An-Nawawiyyah, Syaikh Ibnu ‘Utsaimin rahimahullah).

Puasa akan menjadi perisai yang menghalangi dari siksa api neraka. Rasulullah SAW bersabda: “Tidaklah seorang hamba yang berpuasa di jalan Allah kecuali akan Allah jauhkan dia (karena puasanya) dari neraka sejauh tujuh puluh musim”, (HR. Bukhari dan Muslim).

Rasulullah SAW juga bersabda: “Rabb kita ‘azza wa jalla berfirman, Puasa adalah perisai, yang dengannya seorang hamba membentengi diri dari api neraka, dan puasa itu untuk-Ku, Aku-lah yang akan membalasnya”, (HR. Ahmad, shahih).

Melansir tayangan di kanal YouTube dr. Zaidul Akbar Official yang diunggah pada 5 Oktober 2021, dr. Zaidul Akbar menyampaikan tentang keutamaan berpuasa bagi umat muslim. 

Baca Juga:
Keutamaan Niat Puasa Senin Kamis Lengkap dengan Artinya

“Hentikan semua yang bisa bikin masalah ke badan kita, dengan cara puasa”, ungkap dr. Zaidul Akbar. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *