Berita Aktual – HD Picture – Anime Picture
Berita  

Bersiap Jadi Inspektur Upacara HUT Ke-77 RI, Jokowi Kenakan Baju Adat Dolomani

Suara.com – Presiden Joko Widodo kerap mengenakan baju adat yang berbeda untuk menghadiri upacara peringatan HUT ke-77 RI di Istana Merdeka. Tahun ini, Jokowi mengenakan baju adat Dolomani.

Dolomani merupakan baju adat khas Buton, Sulawesi Tenggara. Baju adat yang dikenakan Jokowi berwarna merah.

“Ini baju dari Buton, Sulawesi Tenggara,” kata Jokowi di Istana Merdeka, Jakarta, Rabu (17/8/2022).

Upacara peringatan kali ini tampak berbeda dari dua tahun sebelumnya. Sebabnya, kali ini Istana kembali mengundang masyarakat untuk bisa mengikuti upacara secara langsung.

Baca Juga:
Momen Abu Bakar Ba’asyir Ikut Upacara HUT Kemerdekaan RI Yang Dipimpin Menko PMK Muhadjir Effendy

Selama dua tahun ke belakang, upacara peringatan HUT ke-77 RI harus digelar secara terbatas lantaran masih adanya pandemi Covid-19.

Acara kali ini akan dimulai pada pukul 7.25 WIB. Acara dibuka dengan pemutaran video Indonesia Bangkit Lebih Kuat.

Setelah itu, acara dilanjutkan dengan hiburan dari paduan suara Gita Bahana Nusantara dan Vidi Aldiano. Kemudian, acara dilanjutkan dengan pemutaran video testimoni presiden dan para presiden terdahulu.

Usai pemutaran video, acara dilanjutkan dengan hiburan Reog Ponorogo kemudian live report situasi Monas dan prosesi penyerahan duplikat bendera pusaka. Penampilan tarian daerah menjadi agenda selanjutnya sebelum acara upacara detik proklamasi dimulai pukul 9.40 WIB.

Tepat pada 9.40 WIB, terompet pertama akan dibunyikan, dilanjutkan dengan terompet kedua pada 9.44 WIB.

Baca Juga:
Dibagi 3 Ring, Ribuan Aparat Gabungan Amankan Upacara HUT Kemerdekaan RI Ke-77 Di Istana Merdeka

Sehabis itu, Presiden Joko Widodo atau Jokowi bersama Wakil Presiden Ma’ruf Amin dan para istri memasuki tempat upacara sekitar pukul 09.56 WIB.

Acara berlanjut dengan laporan dari komandan upacara kepada Jokowi selaku inspektur upacara. Setelah itu, peringatan detik-detik proklamasi akan dilakukan dengan bunyi tembakan meriam 17 kali, bunyi sirine, beduk dan lonceng di rumah ibadah.

Kemudian, acara dilanjutkan dengan pembacaan teks proklamasi pada pukul 10.04 WIB oleh Ketua DPD RI La Nyalla Mattalitti.

Lebih lanjut, acara dilanjutkan dengan acara mengheningkan cipta dan pembacaan doa sebelum proses upacara pengibaran bendera merah putih. Acara dilanjutkan dengan proses pengibaran bendera merah putih dengan proses penyerahan bendera pusaka dari presiden selaku inspektur upacara kepada paskibra.

Usai acara pengibaran bendera selesai oleh para paskibra, pergelaran acara fly pass pesawat tempur dan helikopter TNI AU sekitar pukul 10.32 WIB. Kemudian ada persembahan lagu dari paduan suara Gita Bahana Nusantara pada pukul 10.35 WIB.

Farel dijadwalkan akan tampil menyanyikan lagu Ojo Dibandingke dan Joko Tingkir pada waktu tersebut.

Usai penampilan para pengisi acara, kegiatan dilanjutkan dengan Andhika Bhayangkari, laporan komandan upacara kepada Inspektur Upacara dan ditutup dengan sesi penghormatan kebesaran.

Leave a Reply

Your email address will not be published.