Berita Aktual – HD Picture – Anime Picture
Gadget  

Invasi Ikan Mas Bikin Takut Kota Ini

Kanada

Ikan mas dikategorikan sebagai spesies invasif atau hama di alam liar oleh para ilmuwan sehingga populasinya dalam jumlah besar terkadang bikin cemas. Itulah yang terjadi di kota Lethbridge, Alberta, Kanada.

Pejabat kota tersebut cemas dengan makin banyaknya populasi ikan mas dan koi di beberapa telaga wilayah itu. Rupanya banyak warga melepaskan ikan peliharaannya ke sana dan menimbulkan masalah.

Ikan mas ini mampu bertahan di udara dingin dan tidak punya musuh alami. Maka mereka dengan mudah bisa melampaui populasi ikan lokal dan menganggu habitatnya.

“Mereka berkembang biak, menang dalam kompetisi dengan ikan lokal dan populasinya menjadi sangat besar,” kata Jackie Cardinals, pejabat sumber daya alam di kota Lethbridge yang dikutip detikINET dari CTV News.

“Persoalan lainnya adalah telaga kita langsung terhubung dengan sungai, jadi jika ada banjir, maka ada peluang bahwa ikan mas ini menuju ke sungai Oldman,” tambah dia.

“Banyaknya populasi ini diakibatkan oleh seseorang melepaskan ikan ini ke telaga. Mereka bukan ikan lokal, orang-orang menaruhnya di sana dengan sengaja dan menciptakan masalah yang sangat besar ini,” lanjutnya.

Warga pun diminta tidak lagi sembarangan membuangnya dan aparat akan berusaha menekan populasi ikan tersebut. Selain mengganggu ikan lokal, ikan mas dapat turut menyebabkan penurunan kualitas air dengan mengacak-acak sedimen dan mencabut tanaman.

Di satu sisi ikan mas memang menarik sebagai peliharaan, tapi dianggap buruk bagi alam sekitar jika dilepas. “Seluruh ikan mas pada dasarnya adalah spesies invasif di seluruh dunia. Di seluruh Amerika Utara, Australia, sebagian Eropa, mereka sungguh menyebar luas,” cetus Przemek Bajer, akademisi University of Minnesota.

Simak Video “Memberi Makan Ikan Mas di Kolam Kampung Sampireun Garut
[Gambas:Video 20detik]

(fyk/afr)

Leave a Reply

Your email address will not be published.