Berita Aktual – HD Picture – Anime Picture

Sri Mulyani Soroti Ledakan Inflasi Global, Berikut Efeknya ke RI

JawaPos.com – Kementerian Keuangan (Kemekeu) terus menyoroti perkembangan perekonomian global khususnya ledakan inflasi di beberapa negara. Menteri Keuangan (Menkeu) sekaligus Pembina Asosiasi Auditor Intern Pemerintah Indonesia (AAIPI) Sri Mulyani Indrawati menyebut, hal itu harus diwaspadai karena akan berdampak pada ekonomi RI.

Sri Mulyani memperkirakan, negara-negara maju seperti Amerika Serikat (AS) akan berupaya mengerem inflasi yang berdampak pada melambatnya ekonomi melalui kebijakan moneternya. Hal itu berujung pada kenaikan suku bunga The Fed.

“Ini yang harus diwaspadai karena ini dampaknya ke seluruh dunia,” kata Sri Mulyani secara virtual, Selasa (23/11).

Sri Mulyani melanjutkan, tantangan lainnya adalah dampak proses pemulihan ekonomi negara-negara maju yang tidak mungkin bebas risiko. Sebab, akan ada dampak dari sisi permintaan dan kenaikan harga-harga komoditas.

“Pemulihan yang cepat tidak disertai sisi perbaikan pada sisi supply-nya karena ternyata produksi maupun distribusi masih terkendala karena masih merebaknya kondisi Covid-19. Ini menimbulkan kenaikan dari sisi harga,” jelasnya.

Sri Mulyani melanjutkan, pengetatan moneter di negara-negara maju juga akan berdampak pada arus modal keluar atau capital flow dan tekanan pada nilai tukar mata uang.

Editor : Estu Suryowati

Reporter : Romys Binekasri

Leave a Reply

Your email address will not be published.