Berita Aktual – HD Picture – Anime Picture
Berita  

Tanpa Bisa Kendalikan Covid, Jangan Harap Ada Pertumbuhan Ekonomi

Suara.com – Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengingatkan kepala daerah untuk bekerja keras dalam pengendalian Covid-19. Pasalnya, kata Jokowi dunia saat ini mengalami kompleksitas masalah dan ketidakpastian yang tak bisa diperkirakan.

“Kita (Semua) harus betul-betul kerja keras menyiapkan semuanya dan kuncinya hanya satu, kita bisa mengendalikan yang namanya pandemi Covid. Hanya itu,” ujar Jokowi dalam arahannya di Rapat Koordinasi Nasional dan Anugerah Layanan Investasi 2021 dari BPKM TV,  Rabu (24/11/2021).

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu menegaskan bahwa pengendalian Covid-19 menjadi kunci dalam pertumbuhan ekonomi. Hal tersebut kata Jokowi menjadi alasan dirinya kerap memberi peringatan keras kepada kepala daerah untuk mengendalikan Covid-19.

“Sehingga kenapa saya kadang berbicara keras kepada gubernur bupati dan wali kota karena memang kuncinya ada di situ. Tanpa kita bisa mengendalikan covid jangan berharap yang namanya pertumbuhan ekonomi itu ada,” tutur Jokowi.

Baca Juga:
Wow! Presiden Jokowi Nobatkan Jateng Provinsi Terbaik Layanan Investasi Nasional 2021

Jokowi pun mengingatkan lonjakan kasus Covid-19 di Eropa dan Amerika yang harus diantisipasi. Mengingat kasus Covid-19 di Indonesia yang sudah terkendali.

“Hati-hati saya ingin mengingatkan kembali, di Eropa, Amerika ini sedang tinggi-tingginya muncul setelah gelombang 1, gelombang 2, gelombang 3, gelombang 4, muncul. Kita ingin apa yang sudah Alhamdulillah terkendali Covid di negara kita ini tidak mengalami lonjakan lagi,” ucap Jokowi.

Selain itu, Kepala Negara mengajak jajaran terkait dan kepala daerah untuk menekan kasus Covid-19 saat Natal dan Tahun Baru dalam rangka pemulihan ekonomi dan mendatangkan investasi. 

“Saya kemarin rapat, marilah kita bersama-sama utamanya menghadapi Natal dan tahun baru, kita kendalikan bersama-sama dalam rangka ekonomi kita bisa lebih baik dan investasi menjadi jangkar pemulihan ekonomi,” ucap Jokowi. 

Jokowi menyebut APBN semua negara defisit. Ia pun memperkirakan ada kejutan yang menakutkan ketika defisit anggaran ditekan.

Baca Juga:
Sebut Imbas Pandemi Di Luar Perkiraan, Jokowi Minta Kepala Daerah Siap Antisipasi

“Karena APBN semua negara juga sama, berat. Defisit semua defisit. Kemarin urusan defisit ini semua negara juga mengkhawatirkan. Nanti kalau defisit ini dikembalikan lagi ke normal berarti akan terjadi syok lagi,” tutur dia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *