Berita Aktual – HD Picture – Anime Picture

3 Suku Bermata Biru di Indonesia, Hasil Perkawinan Warga Lokal dengan Bangsa Portugis

loading…

Suku mata biru ternyata ada di Indonesia. Seperti istilahnya, bola mata orang-orang suku ini berwarna biru layaknya penduduk Eropa. Foto Ilustrasi/Freepik

JAKARTA Suku mata biru ternyata ada di Indonesia. Seperti istilahnya, bola mata orang-orang suku ini berwarna biru layaknya penduduk Eropa.

Ya, Indonesia memang tak hanya terkenal dengan keindahan alam dan budayanya, namun juga keragaman suku bangsa yang tersebar dari Sabang sampai Merauke. Setiap suku di Nusantara memiliki keunikan dan tradisi yang berbeda-beda.

Suku-suku di Indonesia pada umumnya memiliki warna mata hitam atau cokelat. Namun, tahukan Anda, terdapat tiga suku di negeri ini yang memiliki warna bola mata biru layaknya orang Eropa.

Baca Juga: Mengenal 5 Pakaian Tradisional asal Mancanegara, Ada yang Berusia 5.000 Tahun

Menelisik sejarah dan cerita rakyat setempat, tiga suku di Indonesia yang bermata biru ini merupakan hasil perkawinan campur dengan bangsa Portugis di masa lalu. Namun, ada juga yang disebut karena kelainan genetik langka.

Nah, berikut rangkuman tentang tiga suku bermata biru di Indonesia, dikutip dari beberapa sumber, Senin (19/9/2022).

1. Suku Buton di Sulawesi Tenggara

Salah satu suku di Indonesia yang memiliki keunikan mata biru yakni suku Buton yang tinggal di salah satu pulau terbesar ke-19 di Indonesia, yakni Buton. Suku ini tepatnya tinggal di Desa Kaimbulawa, Kabupaten Siompu Timur, Provinsi Sulawesi Tenggara.

Beberapa masyarakat suku Buton memiliki mata biru terang dan berkulit cokelat. Mata biru mereka disebabkan kelainan genetik langka yang disebut Waardenburg Syndrome.

Namun, fakta lain menyebutkan bahwa warga suku Buton bermata biru karena hasil perkawinan silang dengan bangsa Portugis pada masa penjajahan.

Leave a Reply

Your email address will not be published.