Berita Aktual – HD Picture – Anime Picture
Berita  

6 Fakta Gempa Tapanuli Utara, Magnitudo 6 Guncang Daratan Sejak Dini Hari

Suara.com – Kabar memilukan datang dari Tapanuli Utara (Sumatra Utara). Pasalnya, hari ini (1/10/2022), Tapanuli Utara diguncang gempa. Adapun beberapa fakta gempa Tapanuli Utara yakni sebagai berikut.

BMKG (Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika) melaporkan bahwa gempa di Tapanuli Utara yang terjadi pada pukul 02.28 WIB dini hari ini membuat warga setempat dan sekitarnya syok. 

Untuk selengkapnya, berikut ini beberapa fakta gempa Tapanuli Utara yang dirangkum dari berbagai sumber.

1. Penyebab Gempa Tapanuli Utara

Baca Juga:
Gempa M 6,0 Guncang Tapanuli Utara, BMKG Imbau Agar Warga Taput Hindari Lereng dan Perbukitan

BMKG menyebutkan bahwa gempa yang mengguncang wilayah Tapanuli Utara ini disebabkan oleh aktivitas sesar besar Sumatra segmen Renun. Gempa berpusat pada titik koordinat 2,11 LU (lintang utara) serta 98,83  BU (bujur timur), tepatnya di darat Tapanuli Utara, Sumatera Utara dengan kedalaman 10 km.

2. Beberapa Kali Gempa Susulan

Hasil monitoring BMKG hingga pukul 4 pagi (WIB) menunjukkan bahwa sudah terjadi beberapa  kali aftershock (gempa bumi susulan)  dengan kekuatan terbesar magnitudo M5,1 dan kekuatan terkecil magnitudo M2,5p.

Adapun gempa pertama berkekuatan magnitudo 6,0 pada pukul 02.28 WIB. Lalu muncul gempa susulan kekuatan M 5,1pukul 02.50 WIB. Pada pukul 03.37 kembali terjadi gempa susulan kekuatan magnitudo 5,0 dan M 3,9 pada pukul 04.03 WIB.

3. Dirasakan Daerah Sekitar

Baca Juga:
Data Kerusakan dan Korban Gempa Taput: 194 Bangunan Rusak, 25 Orang Dirawat di RSUD Tarutung

Gempa Tapanuli Utara ini dapat dirasakan sampe daerah sekitar seperti Tarutung, Singkil, Sipahutar, Tapaktuan serta Gunung Sitoli. Merasakan getaran gempa tersebut, sebagian besar warga yang tidur jadi terbangun, syok dan ada juga berhamburan keluar.

4. Menimbulkan Beberapa Kerusakan

Berdasarkan informasi sementara, guncangan gempa yang melanda kawasan Tapanuli Utara ini menimbulkan kerusakan pada beberapa rumah. BMKG menghimbau agar menghindari bangunan-bangunan retak atau rusak yang diakibatkan gempa.

5. Tidak Menimbulkan Tsunami

BMKG juga menyampaikan, dari hasil pemodelan memperlihatkan bahwa gempa bumi yang melanda kawasan Tapanuli Utara ini tidak berpotensi Tsunami. Sehingga dihimbau agar warga tetap tenang serta tidak terpengaruh isu yang kebenarannya tak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.

6. Satu Orang Meninggal

Selain mengakibatkan bangunan rusak dan kepanikan warga, gempa ini juga tercatat mengakibatan satu orang meninggal dunia. Adanya kejadian gempa ini, Tim Tanggap Darurat (TTD) pun langsung meluncur ke lokasi bencana.

Hingga berita ini diterbitkan, belum ada laporan lain seputar korban gempa Tapanuli Utara. Demikian beberapa ulasan mengenai fakta gempa Tapanuli Utara. Semoga tidak ada lagi gempa susulan dan dihimbau agar masyarakat tetap tenang serta hindari bangunan yang rentah roboh.

Kontributor : Ulil Azmi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *