Berita Aktual – HD Picture – Anime Picture

Tips Irit Bensin, Cara Cerdas Mengemudi Kendaraan Matic (Paling Manjur, Nih)

Tips Irit Bensin, Cara Cerdas Mengemudi Kendaraan Matic (Paling Manjur, Nih)

Kendaraan jenis metic utamanya roda empat memang semakin menggeliat dan diterima oleh masyarakat. Meski teknologi mesin matic ini dibilang modern rupanya ada beberapa perhatian paling menonjol yang sering dikeluhkan, yaitu lebih boros bahan bakar dibanding mesin manual.

Ya, saya sih termasuk meyakini juga keluhan matic itu boros, tapi bukan berarti yang manual lebih baik, karena pada intinya mau mesin manual atau matic adalah bagaimana kita pandai membawa kendaraan, menjaga torsi, dan kaki-kaki harus tertib.

Tapi hasil dari beberapa referensi yang saya dapatkan dari komunitas yang saya ikuti ada beberapa hal yang cukup membantu agar kendaraan jenis metic ini jadi lebih irit bensin, setidaknya konsumsi bahan bakarnya terhitung normal bahkan mungkin bisa lebih irit daripada mesin manual.

Nah, agar lebih mudah dipahami berikut saya rangkum secara singkat saja, semoga saja informasi ini berguna buat pemilik kendaraan terutama mobil jenis matic.

Tips Irit Bensin, Cara Cerdas Mengemudi Kendaraan Matic (Paling Manjur, Nih)

PERTAMA
Seperti yang sudah saya sebutkan diatas, menjaga torsi atau berada di kecepatan yang stabil tidak sering-sering ‘bejek” pedal gas dalam-dalam adalah cara paling mudah untuk dilakukan, baik kendaraan manual termasuk matic.

Mau tidak mau kaki-kaki harus tertib, tidak sruntulan atau potong sana sini macam angkot sedang kejar penumpang. Karakter matic yang membutuhkan momentum tepat di torsi tertentu membuat pengemudi harus ekstra sabar beberapa detik agar bisa bergerak lebih cepat.

KEDUA
Lagi-lagi ini soal perilaku kaki-kaki pengemudi yang harus tertib, kuncinya ya menjaga rpm di gigi sesuai dengan kecepatannya. Misalkan jalan santai umumnya rpm akan manteng di 2.000 – 2.500rpm, atau jika ingin sedikit lebih cepat usahakan tidak lebih dari 3.000rpm. Cara termudah dengarkan suara deru mesin bila mulai terdengar bising maka turunkanlah kecepatan dan tetap konstan dikecepatan terbaiknya tadi.

Menjaga posisi rpm di mobil matic sebetulnya lebih mudah daripada manual. Karena hanya ada dua pedal rem dan gas tanpa pedal kopling maka kerja perpindahan gigi jadi lebih praktis mengikuti kedalaman injakan kaki pada pedal gas. Tapi dalam prakteknya karena terlalu nyaman kaki jadi sering injak gas dalam yang akibatnya bensin jadi lebih boros.

KETIGA
Ketika berhenti cukup lama sebaiknya pindahkan gigi di posisi netral. Ini sangat membantu memperingan kerja mesin dan efeknya bensin jadi lebih sedikit terbuang.

Pengguna mobil matic yang maunya langsung bergerak cepat setelah lampu hijau menyala umumnya meletakan gigi di posisi D. Asal tahu saja gigi diposisi D ini bahan bakar terus dibuang meskipun kendaraan dalam keadaan berhenti. Maka mulai saat ini gunakan transmisi di posisi Netral meskipun hanya berhenti sesaat, ya.

KEEMPAT
Ketika kendaraan berjalan cepat tentu membutuhkan bahan bakar lebih banyak, maka akan boros juga ketika mobil sering berjalan stop and go serta melakukan pengereman mendadak.

Untuk bergerak dari titik nol tentu membutuhkan daya dorong lebih besar yang otomatis memerlukan bahan bakar lebih dari biasanya. Pentingnya menjaga kecepatan rata-rata akan membuat pengereman tidak bekerja ekstra keras dan menghindari mobil berjalan dari titik nol lagi.

Tips Irit Bensin, Cara Cerdas Mengemudi Kendaraan Matic (Paling Manjur, Nih)

KELIMA
Langkah ini sebenarnya sudah ada sejak lama termasuk pada mobil bermesinkan manual, yaitu mengurangi beban kendaraan dari barang-barang atau aksesoris yang berlebihan, tekanan ban yang sesuai standar pabrikan, pemilihan jenis/karakter ban, permukaan kembang ban yang masih baik, menghindari jalan yang sering rusak/tanah basah yang dalam/menanjak dan macet, tahu jalan shortcut untuk mencapai tujuan, matikan ac ketika jalan terlalu menanjak.

Ya, memang karena penilaiannya kali ini adalah mendapatkan angka irit dalam perjalanan maka kondisi kendaraan secara standar pabrikan adalah yang paling direkomendasikan, termasuk tidak mengubah bagian pengapian dan karakter mesin adalah bagian untuk mengirit bahan bakar mobilmu.

Tips Irit Bensin, Cara Cerdas Mengemudi Kendaraan Matic (Paling Manjur, Nih)

Sebuah opini, komunitas ts
Img. Gugel

Tips Irit Bensin, Cara Cerdas Mengemudi Kendaraan Matic (Paling Manjur, Nih)
Tips Irit Bensin, Cara Cerdas Mengemudi Kendaraan Matic (Paling Manjur, Nih)
Copyright © 2016 – 2021 iskrim
All Rights Reserved | Member of Thread Creator Gen. 1 – KASKUS

Leave a Reply

Your email address will not be published.