Berita Aktual – HD Picture – Anime Picture

Punya Kebiasaan Menahan Setengah Kopling Saat Kemudikan Sepeda Motor? Siap-siap Saja Kampas Mengalami Selip

Suara.com – Cara para pengguna sepeda motor menggeber kendaraan masing-masing mempengaruhi keawetan komponen kendaraan. Ada kebiasaan tertentu yang turut memberikan kontribusi terhadap durasi atau masa pakai komponen. Salah satunya adalah bagian kampas kopling motor.

Dikutip dari rilis resmi PT Thamrin Brothers (Sumatera Selatan & Bengkulu) sebagaimana diterima Suara.com, salah satu kebiasaan yang membuat kampas kopling motor rawan bermasalah adalah menahan setengah kopling saat melaju dalam kecepatan tertentu.

Tutorial sederhana untuk melumasi kabel kopling motor. (TikTok)
Kopling motor tengah diberi pelumas atau oli (TikTok)

Kebiasaan ini akan mengganggu kinerja kopling motor. Padahal kampas kopling sepeda motor berfungsi sebagai penghubung putaran mesin ke gigi transmisi.

Bila kampas kopling bermasalah, fungsinya akan terganggu. Antara lain terjadi selip saat perpindahan gigi dan motor menjadi tidak bertenaga.

Baca Juga:
Polresta Jayapura Kota Kembalikan 10 Unit Sepeda Motor Curian Kepada Pemilik, Bentuk Quick Response Layanan Masyarakat

Berikut adalah tips perawatan kopling dari main dealer Yamaha, PT Thamrin Brothers (Sumatera Selatan & Bengkulu):

Simak gaya berkendara sendiri

  • Pada saat stop and go, putaran mesin (dalam satuan rpm) mesti dijaga. Tidak boleh terlalu tinggi karena mengakibatkan gesekan di kampas kopling akan semakin besar.

Perhatikan cara operasikan kendaraan

  • Kebiasaan terlalu sering menahan setengah kopling mesti dihilangkan.
  • Yaitu terlalu sering menahan setengah kopling saat ingin mencapai kecepatan tertentu. Dampaknya bisa mengakibatkan gesekan semakin besar juga.

Settingan kopling

  • Saat melakukan setting kopling sepeda motor, disarankan untuk tidak terlalu jauh membuat gap antara handle dan tuas sepeda motor.

Rutin mengganti oli dan filter

Baca Juga:
Ini Alasan Konversi Kendaraan Listrik Menyasar Sepeda Motor

  • Karena kopling sepeda motor terletak dalam mesin di mana oli mesin ikut melumasi komponen kopling, maka dibutuhkan pelumas berkualitas.
  • Apabila kualitas oli mesin sudah kurang baik disarankan untuk segera mengganti oli serta filternya, agar fungsi pelumas bekerja maksimal untuk mengurangi gesekan dan memperpanjang umur dari kampas kopling.
  • Dianjurkan menggunakan oli standar dari tipe motor masing masing sesuai tertera di manual book.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *