Berita Aktual – HD Picture – Anime Picture

Tiga perhimpunan patologi sosialisasikan ilmu patologi ke masyarakat

Jakarta (ANTARA) – Melalui peringatan Internasional Pathology Day serta dalam rangkaian Hari Ulang Tahun Ikatan Dokter Indonesia (IDI) ke-72 dan Hari Kesehatan Indonesia (HKN), seluruh pathologist di Indonesia mengadakan acara bakti sosial secara bersama dan diselenggarakan secara serentak di 24 kota di seluruh Indonesia.

Adapun pathologist yang ikut serta dalam kegiatan ini terdiri atas dokter spesialis Patologi Klinik (Sp.PK), dokter Spesialis Patologi Anatomik (Sp.PA)dan dokter Spesialis Forensik (Sp.FM) yang tergabung dalam Perhimpunan Dokter Spesialis Patologi Klinik dan Kedokteran Laboratorium Indonesia (PDS PatKLIn), Perhimpunan Dokter Spesialis Patologi Anatomik Indonosia (IAPI), dan Perhimpunan Dokter Forensik Indonesia (PDFI).

“Kegiatan bersama ini menjadi wadah untuk menyampaikan informasi kesehatan seluas-luasnya, khususnya di bidang patologi klinik, patologi anatomik, dan patologi forensik secara langsung ke masyarakat serta peran patologi dalam pelayanan kesehatan,” ujar Ketua Panitia Nasional Hari Patologi Internasional di Indonesia tahun 2022, Dr dr Diah Rini, SpPA dalam keterangannya, Jumat.

Hari Patologi Internasional tahun 2022 ini mengusung tema “Pathologists: Hand In Hand, All Together, For A Better World’)” seraya tetap mendukung tema HUT IDI ke-72 ‘)”Berbakti Untuk Negeri, Mengabdi Untuk Rakyat, Satu IDI Terus Maju”.

Kegiatan ini dipusatkan di kota Jakarta yaitu di Gelora Bung Karno dengan penyelenggara kerja sama antara Pengurus Pusat IAPI, Pengurus Pusat PDS PatKLIn, Pengurus Pusat PDFI dengan Pengurus Cabang Jakarta dari masing-masing perhimpunan tersebut.

Acara ini dikemas dengan suasana yang santai dan menyenangkan disertai dengan kegiatan olahraga bersama dan permainan yang dapat diikuti oleh keluarga besar patologi maupun masyarakat umum.

“Melalui kegiatan ini dan kegiatan-kegiatan setema di kota-kota lain di Indonesia dapat terbina rasa kekeluargaan di antara anggota ketiga organisasi profesi ini dan dapat meningkatkan kerja sama yang baik demi peningkatan kualitas layanan kesehatan bagi penduduk Indonesia,” kata Diah.

Kegiatan puncak Hari Patologi Internasional 2022 ini dibuka dengan jalan sehat bersama Ketua Umum Pengurus Besar Ikatan Dokter Indonesia, dr Moh. Adib Khumaidi, SpOT bersama seluruh peserta dan masyarakat umum.

Dalam sambutannya, dr Adib menyampaikan bahwa Patologi merupakan peran kunci dalam mendeteksi dan mendiagnosa penyakit pada tubuh manusia. Adib mengatakan dalam perkembangannya bidang patologi ini mendapat banyak tantangan.

“Beberapa tantangan yang dihadapi saat ini, baik secara global maupun di Indonesia adalah kekurangan sumber daya manusia sebagai ahli di bidang patologi. Meningkatnya kebutuhan dan kompleksitas tes dan beban kerja juga dikarenakan oleh peningkatan populasi penduduk, serta peningkatan angka kejadian penyakit kanker serta penyakit infeksi,” kata dia.

Penyelenggaraan Hari Patologi Internasional diselenggarakan serentak di berbagai kota di Indonesia, yaitu di Banda Aceh, Medan, Padang, Palembang, Jambi, Riau, Kepulauan Riau, Bandar Lampung, Jakarta, dan Bandung.

Kemudian di Jogjakarta, Semarang, Solo, Malang, Surabaya, Denpasar, Mataram, Kupang, Banjarmasin, Samarinda, Menado, gorontalo dan Makasar.

Seluruh kegiatan di masing-masing kota dikoordinasi oleh pengurus cabang dari ketiga perhimpunan pada kota-kota tersebut dengan mengadakan beragam kegiatan yang bersifat sosialisasi, bakti sosial maupun social gathering. Kegiatan tersebut juga melibatkan pengurus IDI Cabang dan atau Wilayah serta Pemerintah Daerah setempat.

Patologi adalah salah satu cabang ilmu Kedokteran yang mempelajari penyebab dan sifat suatu penyakit. Seorang dokter yang berspesialisasi dalam bidang kedokteran ini disebut seorang pathologist (ahli bidang patologi/ ahli patologi).

Pathologist melakukan pemeriksaan dari berbagai bagian tubuh untuk mendiagnosa suatu penyakit. Bagian tubuh yang dimaksud meliputi jaringan tubuh, organ tubuh dan cairan tubuh. Selain itu pathologist juga membantu menentukan penyebab kematian dari bagian tubuh tersebut yang didapat dari tindakan autopsi.

Hari Patologi International diinisiasi pelaksanaannya oleh perkumpulan dokter spesialis patologi di Inggris (Royal College of Pathologists) pada Tahun 2014, dan sejak itu diperingati secara rutin pada setiap awal bulan November.

Kegiatan Hari Patologi Internasional diperingati sebagai ajang berkumpulnya dokter ahli patologi (pathologist) dari berbagai belahan dunia untuk saling berbagi ilmu mengenai kemajuan di bidang Patologi dan isu terkini masalah kesehatan global yang berhubungan dengan layanan Patologi dan Kedokteran Laboratorium.

Baca juga: Ahli: Masyarakat diminta tidak ragu vaksinasi COVID-19 saat berpuasa

Baca juga: Pakar patologi minta masyarakat waspadai bahaya zoonosis

Baca juga: Software astronomi dipakai untuk mendeteksi kanker

Pewarta: Maria Rosari Dwi Putri
Editor: Ida Nurcahyani
COPYRIGHT © ANTARA 2022

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *