Berita Aktual – HD Picture – Anime Picture

Akan Hadir Enam SPKLU Baru di Wilayah PLN UID Sulselrabar pada 2023

Suara.com – PT PLN Unit Induk Distribusi Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara dan Sulawesi Barat (UID Sulselrabar) akan melakukan penambahan enam Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) pada 2023.

Dikutip dari kantor berita Antara, hal ini disampaikan oleh Moch Andy Adchaminoerdin, General Manager UID Sulselrabar. Enam SPKLU rencananya akan dibangun di Kabupaten Palopo, Bulukumba, Watampone, Kolaka, Kolaka Utara dan Konawe Utara.

“Target dalam wilayah kerja PLN UID Sulselrabar, akan ada 11 SPKLU yang terintegrasi di jalan Trans Sulawesi sampai akhir 2023,” paparnya dalam peresmian SPKLU di Kantor Gubernur Sulsel, Makassar, Jumat (18/11/2022).

Fasilitas pengisian daya baterai kendaraan listrik atau SPKLU yang dibangun dan dikelola oleh PT PLN (Perseroan). (ANTARA/HO-PLN)
Fasilitas pengisian daya baterai kendaraan listrik atau SPKLU yang dibangun dan dikelola oleh PT PLN (Perseroan). (ANTARA/HO-PLN)

Kehadiran instalasi SPKLU ini diharapkan akan menjadi mata rantai ekosistem energi terbarukan yang tengah dikembangkan di Tanah Air.

Baca Juga:
PLN Operasikan Dua SPKLU Baru di Sulawesi Selatan, UID Sulselabar Total Miliki Lima Lokasi Pengisian Baterai EV

Moch Andy Adchaminoerdin menyatakan bahwa ekosistem yang telah siap dan kondusif merupakan prasyarat utama keberhasilan gerakan bersama untuk mendorong masyarakat bergeser ke energi terbarukan yang “zero emission”.

Merujuk PERMEN ESDM 13 Tahun 2020 tentang Penyediaan Infrastruktur Pengisian Listrik untuk KBLBB PLN berkomitmen untuk mendukung percepatan ekosistem kendaraan listrik.

“Pada 2023, kami menargetkan akan ada tambahan enam SPKLU yang terintegrasi fasilitas charging mobil listrik di Provinsi Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara dan Sulawesi Barat,” lanjut Moch Andy Adchaminoerdin.

PLN terus mengakselerasi tumbuhnya ekosistem kendaraan listrik. Komitmen ditunjukkan dengan beroperasinya SPKLU dan fasilitas pengisian serta penukaran baterai motor listrik di Provinsi Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara dan Sulawesi Barat

Hingga November 2022, terdapat lima SPKLU yang berada di wilayah kerja PLN UID Sulselrabar yaitu SPKLU PLN ULP Mattoanging, SPKLU PLN UP3 Makassar Selatan, SPKLU Kantor Gubernur Sulawesi Selatan di Kota Makassar, SPKLU PLN UP3 Parepare di Kota Parepare, dan SPKLU PLN ULP Wuawua, di Kota Kendari.

Baca Juga:
PT PLN dan Star Energy Geothermal Tandatangani MoU untuk Penggunaan Kendaraan Bermotor Listrik

PLN juga telah menyediakan 331 unit SPLU (Stasiun Pengisian Listrik Umum) di banyak titik fasilitas umum provinsi Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara dan Sulawesi Barat guna memudahkan masyarakat mengisi daya baterai sepeda motor listrik maupun peralatan listrik lainnya.

Tidak hanya itu, guna melayani motor listrik yang menggunakan baterai, PLN telah memfasilitasi penyediaan listrik bagi 36 Stasiun Penukaran Baterai Kendaraan Listrik Umum (SPBKLU) di kantor PLN maupun mini market di Kota Makassar dan Kabupaten Gowa.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *