Berita Aktual – HD Picture – Anime Picture

Daihatsu Gelar Pameran di Rest Area, Semar Proto Paling Irit se-Asia, Cara Mengurus STNK Hilang

Suara.com – Semar Proto, UGM, Salatiga, KM 456, Daihatsu Week, cara mengurus STNK hilang, uji emisi, setengah kopling, sepeda motor, rest area, dan potensi tanah longsor menimbun jalan raya menjadi highlights dari lima artikel rekomendasi kanal otomotif Suara.com.

PT Astra Daihatsu Motor atau PT ADM menggelar acara seru Daihatsu Week yang dipentaskan di rest are KM 456 Salatiga. Pengunjung bisa menyimak proses pembuatan sebuah model yang melibatkan survey, model clay atau lempung, hingga hasil jadi.

Ada pula bonus mengikuti uji emisi yang disediakan bagi para pengunjung di rest area itu dengan beberapa ketentuan.

Melangkah ke perjalana luar kota, BPJN Sulawesi Utara mengimbau para pengguna jalan raya agar berhati-hati untuk menggeber kendaraan di ruas yang memiliki potensi tanah longsor dan pohon tumbang.

Baca Juga:
All-New Toyota Prius Generasi Kelima Meluncur, Tersedia dalam Dua Versi Hybrid dan Tampilkan Transformasi Desain

Imbauan ini bisa diberlakukan di manapun, mengingat sebagian besar wilayah Tanah Air kita berada di musim penghujan. Kawasan rawan longsor dengan vegetasi pepohonan rapat mesti diwaspadai.

Berlanjut ke penemuan teknologi, Semar Proto adalah purwarupa yang dikembangkan beberapa mahasiswa Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta.  Disebutkan sebagai mobil listrik paling irit se-Asia, inovasinya berangkat dari hiu di lautan yang sangat streamline.

Kemudian bagi pengguna kendaraan bermotor yang mengalami kehilangan Surat Tanda Nomor Kendaraan atau STNK, inilah cara untuk mengurus agar diterbitkan kembali.

Dan untuk pengemudi sepeda motor yang memiliki kebiasaan menahan setengah kopling, berikut adalah situasi yang akan dialami mesin dan komponen bila terus-menerus melakukan cara mengemudi demikian.

Selamat membaca lima artikel rekomendasi kanal otomotif Suara.com, selamat berakhir pekan, dan patuhi selalu aturan berlalu-lintas serta protokol kesehatan.

Baca Juga:
Bagi Pencinta Otomotif di Balikpapan, Jangan Sampai Terlewat: Daihatsu Urban Fest Pentas Besok Sampai Akhir Pekan

1. Daihatsu Week Pentas di Rest Area KM 456 Salatiga, PT ADM Suguhkan R&D Corner untuk Sarana Edukasi

Daihatsu menghadirkan booth edukatif R&D Corner di Rest Area Salatiga KM 456 [PT ADM].
Daihatsu menghadirkan booth edukatif R&D Corner di Rest Area Salatiga KM 456 [PT ADM].

PT Astra Daihatsu Motor (ADM) menggelar acara menarik di Rest Area Salatiga, Jawa Tengah yang diberi tajuk DAIHATSU WEEK at Resta Pendopo KM 456.

Dikutip dari rilis resmi PT ADM sebagaimana diterima Suara.com, acara berlangsung 17–20 November 2022 dan menampilkan R&D (Research and Development) Corner.

Baca selengkapnya

2. Semar Proto, Purwarupa Mobil Listrik Paling Irit se-Asia Karya Mahasiswa UGM

Driver dari Tim Semar Universitas Gadjah Mada (UGM) bersiap mengendarai Mobil Semar Proto di kawasan Kampus UGM, Yogyakarta, Jumat (18/11/2022) (FOTO ANTARA/Luqman Hakim)
Driver dari Tim Semar Universitas Gadjah Mada (UGM) bersiap mengendarai Mobil Semar Proto di kawasan Kampus UGM, Yogyakarta, Jumat (18/11/2022) (FOTO ANTARA/Luqman Hakim)

Prestasi seru dicetak Tim Semar Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta. Karya mereka, “Semar Proto”, sebuah purwarupa mobil bertenaga listrik menjadi yang paling irit se-Asia. Demikian dikutip dari kantor berita Antara.

“Pada 2022 kami berhasil memecahkan rekor sementara untuk kendaraan listrik terhemat di Asia,” papar Abdul Adzim Iftikar Mardiansjah (21), Ketua Tim Semar UGM di Kampus UGM, Yogyakarta, Jumat (18/11/2022).

Baca selengkapnya

3. Musim Penghujan, BPJN Sulut Imbau Para Pengendara Waspadai Pohon Tumbang dan Potensi Longsor

Ilustrasi longsor (Shuttestock).
Ilustrasi longsor (Shuttestock).

Balai Pelaksanaan Jalan Nasional (BPJN) Sulawesi Utara mengingatkan para pengguna jalan agar mewaspadai potensi longsor dan pohon tumbang saat berkendara di sejumlah ruas jalan. Utamanya di daerah rawan bencana alam. Demikian dikutip dari kantor berita Antara.

“Ketika melintasi di daerah-daerah yang rawan longsor ataupun pohon tumbang, dahan patah, harus waspada karena bisa membahayakan keselamatan,” jelas Kepala BPJN Sulut, Hendro Satrio M.K. di Manado, Jumat (18/11/2022).

Baca selengkapnya

4. Jangan Panik, Ini Cara Mengurus STNK Hilang untuk Diterbitkan Kembali

Lokasi cek fisik kendaraan roda dua dan roda empat di Samsat Jaksel atau Polda Metro Jaya. Sebagai ilustrasi [Suara.com/Dwi Bowo Raharjo].
Lokasi cek fisik kendaraan roda dua dan roda empat di Samsat Jaksel atau Polda Metro Jaya. Sebagai ilustrasi [Suara.com/Dwi Bowo Raharjo].

Ketika salah satu dokumen penting pendukung keabsahan mengemudikan kendaraan bermotor hilang, antara lain Surat Tanda Nomor Kendaraan atau STNK, reaksi umum adalah panik. Pasalnya aktivitas bersama sepeda motor atau mobil bakal terhambat. Akan tetapi, langkah mengantisipasi juga perlu. Yaitu mengajukan penggantian STNK hilang, agar kegiatan berkendaraan tidak melanggar hukum.

Dirangkum dari berbagai artikel kanal otomotif Suara.com tentang pengurusan STNK, berikut adalah cara mengurus kehilangan STNK agar bisa diterbitkan dokumen baru yang bisa digunakan sebagai dokumen dan kelengkapan syarat mengemudikan mobil atau sepeda motor di jalan raya.

Baca selengkapnya

5. Punya Kebiasaan Menahan Setengah Kopling Saat Kemudikan Sepeda Motor? Siap-siap Saja Kampas Mengalami Selip

Ilustrasi kopling motor. [Do It Yourself].
Ilustrasi kopling motor. [Do It Yourself].

Cara para pengguna sepeda motor menggeber kendaraan masing-masing mempengaruhi keawetan komponen kendaraan. Ada kebiasaan tertentu yang turut memberikan kontribusi terhadap durasi atau masa pakai komponen. Salah satunya adalah bagian kampas kopling motor.

Dikutip dari rilis resmi PT Thamrin Brothers (Sumatera Selatan & Bengkulu) sebagaimana diterima Suara.com, salah satu kebiasaan yang membuat kampas kopling motor rawan bermasalah adalah menahan setengah kopling saat melaju dalam kecepatan tertentu.

Baca selengkapnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *