Berita Aktual – HD Picture – Anime Picture

KemenKopUKM: Rangkaian acara KTT G20 dongkrak omzet pelaku UMKM

Dari berbagai rangkaian acara presidensi G20 mulai dari main events hingga side events yang berlangsung dari tanggal 1 Desember 2021 hingga saat ini dengan jumlah 438 events, diperkirakan meningkatkan omzet beberapa pelaku UMKM

Jakarta (ANTARA) – Kementerian Koperasi dan UKM menyampaikan rangkaian acara presidensi Indonesia dalam G20 mampu meningkatkan omzet pelaku UMKM yang turut serta dalam acara tersebut.

“Dari berbagai rangkaian acara presidensi G20 mulai dari main events hingga side events yang berlangsung dari tanggal 1 Desember 2021 hingga saat ini dengan jumlah 438 events, diperkirakan meningkatkan omzet beberapa pelaku UMKM,” ujar Sekretaris Kementerian Koperasi dan UKM Arif Rahman Hakim saat dihubungi Antara dari Jakarta, Sabtu.

Arif menuturkan pada side event (acara pendukung) yang bertajuk ”Future SMEs Village” yang digelar pada 10-18 November 2022 oleh Kementerian Koperasi dan UKM, SMESCO Indonesia serta Kementerian Pariwisata menghasilkan total penjualan UMKM sebesar Rp3,294 miliar.

Kemudian, kata dia, pada showcase (pameran) produk UMKM di beberapa Hotel di Bali yakni di Hotel Melia, Conrad, Stone, Courtyard, Merusaka, nilai penjualan UMKM tercatat sebesar Rp63.267.750.

“Sehingga tercatat sementara total sales UMKM pada kegiatan side events tanggal 10-18 November 2022 tersebut adalah sebesar Rp3.357.579.072,” ungkapnya.

Arif juga menyampaikan pendapatan pusat oleh-oleh Krisna Bali juga meningkat sebesar 60 persen pasca penyelenggaraan KTT G20.

Tak ketinggalan, pemilik ragam anyaman bamboo dengan jenama MaiKubu Tigawasa, I Gede Guntur Juniarta turut mengalami peningkatan penjualan sebesar 20 persen.

Sementara itu, salah satu industri rumahan dengan produk kreasi tas berbahan pewarna alam, Dinz Handmade turut diminati para delegasi G20.

Omzet rata-rata yang dihasilkan sebelum gelaran G20 berlangsung berkisar Rp 20-25 juta per bulannya, namun semenjak ada event tersebut, omzet yang dihasilkan dalam seminggu kurang lebih sama dengan omzet per bulan.

Lebih lanjut Arif menyampaikan pada rangkaian kegiatan G20 yang melibatkan UMKM, diperkirakan bisa menyerap tenaga kerja sekitar 33.000 orang di berbagai sektor serta mampu mampu mendorong investasi pada UMKM dalam negeri.

“Sekitar 80% investor global berasal dari negara G20,” tukasnya.

Baca juga: Kreativitas dan kualitas membawa produk UMKM tampil di KTT G20

Baca juga: Tas kain goni berpadu endek jadi suvenir G20 di Bali

Baca juga: UMKM di Bali sediakan 200 perhiasan dan aksesoris untuk suvenir G20


 

Pewarta: Sinta Ambarwati
Editor: Biqwanto Situmorang
COPYRIGHT © ANTARA 2022

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *