Berita Aktual – HD Picture – Anime Picture
Berita  

Nasib Kharisma Jati Usai Diduga Hina Iriana Jokowi, Ada Kemungkinan Tak Dipenjara?

Sosok Komikus Kharisma Jati baru-baru ini membuat geger dan menjadi incaran berbagai pihak setelah diduga menghina istri Presiden Jokowi, Ibu Negara Iriana Jokowi. Nasib karirnya saat ini tengah diambang hitam karena banyak dicecar oleh berbagai pihak setelah insiden dugaan penghinaan tersebut.

Diketahui, Kharisma Jati dalam akun Twitternya @KoprofilJati mengunggah meme Iriana Jokowi dengan istri Presiden Korea Selatan, Kim Keon Hee.

Meme tersebut pun berhasil ‘membakar’ emosi berbagai pihak, tidak terkecuali para putranya, Gibran Rakabuming Raka dan Kaesang Pangarep.

Kharisma Jati lantas menuai perhatian dari dua putra Presiden Joko Widodo, Gibran dan Kaesang. Warganet pun turut geram dengan cuitan komikus yang dinilai kontroversial tersebut.

Baca Juga:
Iriana Jokowi Diolok-olok, TikTokers Ini Serukan Pelaku Diproses Hukum

Dinilai tidak akan masuk penjara

Meskipun begitu, pengamat hukum pidana, Akhiar Salmi menilai bahwa Kharisma Jati kemungkinan tidak akan masuk penjara. 

Ia menjelaskan bahwa insiden tersebut termasuk ke dalam delik aduan. Namun, polisi masih tidak bisa bergerak jika Ibu Negara tidak membuat aduan atau laporan ke pihak kepolisian.

Meskipun warganet sudah geram dengan sosok Komikus tersebut, Akhiar Salmi memperkirakan bahwa insiden penghinaan tersebut tidak akan mendapatkan respons dari pihak keluarga Jokowi, dalam hal ini Presiden Jokowi atau pun Iriana.

Ia juga menambahkan bahwa terdapat batas-batas hukum, oleh karenanya masyarakat tetap tidak bisa menuangkan amarah sebegitunya dalam kondisi yang seperti ini.

Baca Juga:
Tak Cuma Kharisma Jati, Gibran Gercep Tanggapi Warganet Lain yang Diduga Ikut Hina Iriana Jokowi

Sebelumnya, Kharisma Jati mengunggah foto Ibu Negara Iriana Jokowi dengan Istri Presiden Korea Selatan, Kim Keon Hee yang diambil pada saat pagelaran KTT G20. Iriana Jokowi tampak menggunakan pakaian khas Indonesia berdiri di samping Kim yang menggunakan busana bernuansa putih dengan rambut terurai.

Hal yang menjadikan unggahan tersebut kontroversial yaitu karena caption atau keterangan yang diberikan oleh Kharisma Jati. Ia mengunggah foto tersebut dengan caption berikut:

Bi, tolong buatkan tamu kita minum,

Baik, Nyonya,” tulisnya.

Sontak unggahan tersebut pun menimbulkan berbagai persepsi dari masyarakat dan hal tersebut dianggap sebagai hinaan kepada Ibu Negara.

Sesaat sudah namanya viral dan menjadi perbincangan karena dicerca oleh berbagai pihak, Kharisma Jati pun memberikan permohonan maaf dengan mengirimkan surat terbuka.

Unggahan komikus tersebut pun sudah dihapus oleh pemilik akun tersebut.

Cuitan Kharisma Jati dinilai multitafsir

Di sisi lain, Komunikolog Emrus Sihombing pun turut memberikan komentarnya terhadap unggahan Kharisma Jati. Ia menyebut bahwa cuitan komikus tersebut multimakna, multipersepsi, dan multitafsir jika dilihat dari aspek komunikasi.

Menurut Emrus, penyelesaian masalah ini ada baiknya dilakukan melalui perjumpaan para pihak,

Meskipun sudah meminta maaf, saat ini Kharisma Jati masih dicecar oleh berbagai pihak tidak terkecuali oleh warganet yang sangat geram dengan cuitan komikus yang memang dikenal kerap mengunggah cuitan kontroversial tersebut.

Warganet juga ramai mencolek Kapolri untuk segera melakukan penangkapan terhadap Kharisma Jati.

Bahkan, saat ini Direktorat Tindak Pidana Siber (Dittipidsiber) Bareskrim Polri mengklaim temukan unsur pidana dalam kicauan Komika tersebut.

Kontributor : Syifa Khoerunnisa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *