Berita Aktual – HD Picture – Anime Picture
Berita  

Jika AS Injak Rem Akibat Lonjakan Inflasi, Menkeu: Bisa Guncang Dunia

JawaPos.com – Kementerian Keuangan (Kemenkeu) terus memantau perkembangan ekonomi global. Dalam hal ini kondisi perekonomian Amerika Serikat (AS) karena sedang terjadi inflasi yang naik secara signifikan. Sebab, nantinya akan terlahir kebijakan yang memengaruhi dunia termasuk Indonesia.

Sri Mulyani memaparkan, negara paman Sam tersebut saat ini sedang menghadapi inflasi tinggi di atas 6 persen. Bahkan, angka tersebut menjadi angka tertinggi sepanjang 30 tahun terakhir. Nantinya, kondisi tersebut akan mempengaruhi kebijakan moneter dari Bank Sentral AS, yaitu Federal Reserve (The Fed).

“Sesuatu yang harus kita waspadai karena dengan inflasi 6 persen jauh di atas reference rate-nya inflasi di Amerika yang harusnya 2 persen, ini pasti akan menimbulkan dampak yaitu pengetatan moneter tahun-tahun depan,” kata Sri Mulyani dalam acara Kick Off Sosialisasi Undang-undang HPP, Jumat (19/11).

Jika bank sentral mengeluarkan kebijakan moderat dalam menstabilkan ekonomi negaranya, maka akan berdampak pada seluruh negara didunia. “Mereka pasti akan dipaksa menginjak rem, kalau Amerika ngerem, seluruh dunia ikut terguncang,” tuturnya.

Bukan hanya perekonomian AS, kata Sri Mulyani, pemerintah juga menyoroti perekonomian di Eropa. Misalnya saja Jerman yang saat ini juga mengalami kenaikan inflasi karena gangguan pasokan (supply disruption).

Begitu juga dengan Tiongkok yang saat ini sedang mengalami pelemahan karena virus varian Delta yang membuat angka kasus penularan melonjak. Ganasnya pandemi membuat kenaikan harga-harga dari sisi produksi, serta adanya gangguan pasokan akibat Covid-19.

Editor : Nurul Adriyana Salbiah

Reporter : Romys Binekasri

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *