Berita Aktual – HD Picture – Anime Picture
Berita  

Neraca Pembayaran Tak Lagi Defisit

Surplus Transaksi Berjalan Terbesar dalam 12 Tahun

JawaPos.com – Kinerja perdagangan Indonesia menunjukkan tren positif. Pada triwulan III 2021, neraca pembayaran Indonesia (NPI) mencatat surplus.

Kepala Departemen Komunikasi Bank Indonesia (BI) Erwin Haryono memerinci, NPI mencatat surplus USD 10,7 miliar setelah defisit USD 0,4 miliar pada triwulan sebelumnya. ”Kinerja NPI tersebut ditopang transaksi berjalan yang mencatat surplus,” jelasnya kemarin (20/11).

Transaksi berjalan pada triwulan III mencatat surplus USD 4,5 miliar atau 1,5 persen dari PDB. Itulah surplus terbesar dalam 12 tahun terakhir. Pada triwulan sebelumnya, transaksi berjalan defisit USD 2 miliar (0,7 persen dari PDB).

Dengan kondisi tersebut, posisi cadangan devisa pada akhir September 2021 mencapai USD 146,9 miliar. Jumlah itu lebih tinggi jika dibandingkan pada akhir Juni 2021 sebesar USD 137,1 miliar.

Posisi cadangan devisa tersebut setara dengan pembiayaan 8,6 bulan impor dan pembayaran utang luar negeri pemerintah serta berada di atas standar kecukupan internasional.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *