Berita Aktual – HD Picture – Anime Picture

5 Cara Menurunkan Kolesterol pada Lansia secara Alami, Kenali dan Pahami!

loading…

Kolesterol tinggi menjadi salah satu masalah kesehatan yang bisa berakibat fatal apabila terus dibiarkan. Foto DOK ist

JAKARTAKolesterol tinggi menjadi salah satu masalah kesehatan yang bisa berakibat fatal apabila terus dibiarkan. Pada jangka panjangnya, seorang pengidap kolesterol tinggi ini berpotensi terkena penyakit jantung dan beberapa keluhan berbahaya lainnya.

Dilansir dari Medicover Hospitals, Selasa (24/1/2023), kolesterol bisa diartikan sebagai zat berbentuk seperti lemak yang diproduksi oleh organ hati. Karena berupa lemak, kolesterol ini tidak bisa larut dalam air. Dia mengalir ke seluruh tubuh dengan bantuan partikel yang disebut lipoprotein.

Pada perkembangannya, masalah kolesterol tinggi ini bisa menjangkit siapapun, termasuk lansia sekalipun. Meski telah diberikan resep tertentu oleh dokter, sejatinya terdapat sejumlah hal perubahan yang bisa dilakukan untuk menurunkan kolesterol secara alamiah.

Baca juga : 9 Cara Efektif Menurunkan Kolesterol Jahat dan Menaikkan Kolesterol Baik

Berikut cara menurunkan kolesterol pada lansia secara alami dan cepat.

1. Olahraga Teratur

Salah satu penyebab utama kolesterol tinggi adalah pola hidup yang kurang sehat, termasuk dalam hal ini adalah kurangnya aktivitas fisik. Mengutip laman Emoha, olahraga secara teratur bisa meningkatkan kadar kolesterol baik pada tubuh.

Tak hanya memberikan kebugaran pada fisik, olahraga juga bisa mengurangi kadar LDL pada tubuh. Tak perlu dilakukan secara berat, inti utamanya adalah rutin dan teratur.

2. Meningkatkan Asupan Serat Larut

Serat larut merupakan senyawa yang larut dalam air namun tidak bisa dicerna oleh manusia. Mengutip Healthline, bakteri baik yang hidup di usus bisa mencerna serat larut tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *