Berita Aktual – HD Picture – Anime Picture

Gelar RUPSLB, Pemegang Saham SMBR Setujui Integrasi dengan SIG

JawaPos.com – Pemegang saham PT Semen Baturaja (Persero) Tbk (SMBR) menyetujui bergabungnya perseroan dengan PT Semen Indonesia (Persero) Tbk (SIG) dalam holding subklaster semen.

Persetujuan ini diputuskan dalam acara Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) PT Semen Baturaja (Persero) Tbk yang dilaksanakan di Hotel Sari Pacific Jakarta (24/01).

Akhir tahun 2022 menjadi milestone bersejarah bagi SMBR, di mana proses integrasi SMBR ke SIG berhasil diselesaikan dan telah melengkapi seluruh tahapan pembentukan holding BUMN Sub klaster semen. Ini ditandai dengan penandatanganan Akta Perjanjian Pengalihan Saham pada tanggal 19 Desember 2022 antara Negara Republik Indonesia dan SIG.

Dengan perjanjian ini sebanyak 7.499.999.999 (tujuh miliar empat ratus sembilan puluh sembilan juta sembilan ratus sembilan puluh sembilan ribu sembilan ratus sembilan puluh sembilan) Saham Seri B milik Negara RI di SMBR beralih kepemilikannya kepada SIG, sehingga status SMBR berubah menjadi Non-Persero dan menjadi salah satu anak perusahaan SIG.

“RUPSLB juga memutuskan perubahan beberapa pasal dalam anggaran dasar Perseroan, antara lain terkait modal, saham, tugas, wewenang dan kewajiban direksi, rapat direksi, rencana kerja dan anggaran tahunan, dan pasal lainnya yang mengatur anggaran dasar,” demikian keterangan pers PT Semen Baturaja Tbk yang diterima redaksi, Selasa (24/1).

Dalam RUPSLB juga disepakati perubahan Susunan Pengurus Perseroan. RUPSLB juga memberhentikan dengan hormat anggota Direksi SMBR yaitu Direktur Pemasaran, Mukhamad Saifudin dan Direktur Umum & SDM, Gatot Mardiana. Selanjutnya terdapat perubahan nomenklatur Direktur Keuangan dan Manajemen Risiko menjadi Direktur (Fungsi Keuangan dan SDM), Direktur Produksi dan Pengembangan menjadi Direktur (Fungsi Operasi Perseroan), sehingga susunan kepengurusan pun berubah menjadi sebagai berikut:

Susunan Dewan Komisaris SMBR terkini :
Komisaris Utama: Franciscus M.A Sibarani
Komisaris Independen: Chowadja Sanova
Komisaris: Hadi Daryanto

Susunan Direksi Semen Baturaja terkini :
Direktur Utama: Daconi Khotob
Direktur (Fungsi Keuangan dan SDM Perseroan): Tubagus Muhammad Dharury
Direktur (Fungsi Operasi Perseroan): Suherman Yahya

 

Editor : Mohamad Nur Asikin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *