Berita Aktual – HD Picture – Anime Picture

KEN 2023 dimeriahkan 110 kegiatan dari budaya hingga pameran UMKM

Ada top 10 dari 34 provinsi, dikemasnya dalam bentuk festival dan showcasing kekayaan budaya

Jakarta (ANTARA) – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Indonesia Sandiaga Salahuddin Uno mengungkapkan bahwa Kharisma Event Nusantara (KEN) 2023 siap dimeriahkan dengan 110 kegiatan (event) dalam bentuk pertunjukan seni dan budaya hingga pameran produk UMKM.

“Kharisma Event ini merangkum 110 event unggulan dan merupakan hasil kurasi dari hampir 300 event yang diusulkan oleh Dinas Pariwisata Provinsi. Jadi Kemenparekraf akan meluncurkan 110 event terpilih di teater IMAX Keong Emas, Taman Mini Indonesia Indah dengan tajuk ‘Kharisma Event Nusantara Festival’,” ungkap Sandiaga dalam diskusi daring, Selasa.

Lebih lanjut, Sandiaga juga mengatakan bahwa akan ada 10 event terbaik dari 34 provinsi di Indonesia yang akan hadir di acara Kharisma Event Nusantara. Sandiaga mengatakan bahwa hal ini juga bertujuan untuk mempromosikan KEN ke dalam lingkup Bangga Berwisata di Indonesia.

Baca juga: Sandi: TIFAF 2022 layak masuk 100 besar Kharisma Event Nusantara

“Ada top 10 dari 34 provinsi, dikemasnya dalam bentuk festival dan showcasing kekayaan budaya dan juga event nusantara,” jelas Sandiaga.

Dalam acara KEN tahun ini, Sandiaga memaparkan bahwa akan ada enam area aktivasi interaktif mulai dari seni dan budaya, mini event, hingga pameran produk UMKM. Proses kurasi pun sudah dilakukan sejak akhir tahun lalu dengan melibatkan 8 profesional yang ahli di bidang masing-masing.

“Ada 6 area aktivasi interaktif mulai dari seni dan budaya, mini event sampai juga pameran produk UMKM, boga, kriya dan wastra. Boga ini sering disebut kuliner, tapi akhir-akhir ini banyak yang menyebut boga,” terang Sandiaga.

“Proses kurasi KEN dilakukan dari November sampai Desember 2022, melibatkan 8 profesional dari tentunya ahli di bidang masing-masing. Saya berharap kita dapat meningkatkan kualitas dari event-nya menjadi daya tarik wisata di daerah, membuka peluang usaha dan menggeliatkan ekonomi,” pungkasnya.

Kharisma Event Nusantara (KEN) sendiri merupakan sebuah strategi kolaborasi Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) dan Pemerintah Daerah juga seluruh stakeholder pariwisata untuk menaikkan citra pariwisata Indonesia dan penggerak kebangkitan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif.

KEN 2023 bakal diluncurkan di Teater IMAX Keong Mas, Taman Mini Indonesia Indah 28 Januari mendatang.

Pada tahun 2022, Kemenparekraf diketahui menerima 319 usulan kegiatan dari 34 provinsi yang kemudian dikurasi pada tahap I dan tahap II. Dari 319 usulan, 171 kegiatan pun kemudian melakukan presentasi di hadapan kurator hingga akhirnya terpilih 100 KEN 2022 dengan kategori TOP 10 KEN dan 100 kegiatan KEN 2022 dari 34 provinsi.

Baca juga: 7 Event budaya di Bali lolos tahap pertama KEN 2023

Baca juga: Menparekraf: Sanur Village Festival masuk 100 Kharisma Event Nusantara

Baca juga: Menparekraf: Pesona Belitung mampu tembus KEN 2022

Pewarta: Lifia Mawaddah Putri
Editor: Suryanto
COPYRIGHT © ANTARA 2023

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *