Berita Aktual – HD Picture – Anime Picture

Prosedur Ambil Uang Lewat Teller BCA dengan Aman, Jangan Sembarangan Tunjukkan Dokumen Identitas!

Suara.com – Seorang tukang becak berhasil mencuri uang nasabah BCA hingga Rp345 juta dengan identitas seperti KTP, Kartu ATM, dan Buku Rekening. Teller pun tertipu dengan penampilan tukang becak tersebut karena mirip pemilik rekening asli. Lantas bagaimana prosedur ambil uang di teller BCA yang aman?
 
Mengambil uang di bank lewat teller masih aman dilakukan selama nasabah memperhatikan keamanan dokumen identitas dan mengikuti langkah sesuai prosedur. 

Berikut prosedur ambil uang lewat teller BCA dengan aman tanpa takut rekening dibobol.
 
1.     Datang Ke Kantor Cabang BCA

Prosedur ambil uang lewat teller BCA yang pertama adalah dengan mengunjungi kantor cabang resmi BCA. Selanjutnya katakan kepada pihak bank untuk melakukan transaksi tarik tunai.

2.     Ambil Nomor Antrian

Baca Juga:
Modal Peci dan Masker Tipu Teller BCA, Kisah Tukang Becak Kuras Duit Bos Kos-kosan hingga Ratusan Juta

Setelah itu, nasabah akan diarahkan untuk mengambil nomor antrian. Tunggu nomor antrian dipanggil dan segera kunjungi loket teller.
 
3.     Isi Formulir Penarikan Tunai

Sebelum mengunjungi teller, nasabah akan diminta mengisi formulir penarikan tunai. Formulir tersebut berisi nama yang perlu diisi, nomor rekening, tanggal, nominal penarikan, dan lain sebagainya.
 
4.     Kunjungi Loket Antrian Teller

Selanjutnya, kunjungi loket tersebut dan pastikan nomor antrian diberikan kepada teller. Kemudian, teller akan meminta identitas nasabah untuk memastikan kebenaran data dan pihak yang menarik dana tersebut.
 
5.     Berikan Identitas Asli

Berikan identitas berupa KTP, Kartu ATM, Buku Tabungan untuk melakukan penarikan tunai tersebut. Pastikan untuk mengambilnya kembali setelah meninggalkan loket teller. Selanjutnya, jangan lupa pula berikan formulir penarikan tunai agar teller mengetahui besaran pasti penarikan tersebut.
 
Demikian prosedur ambil uang lewat teller BCA. Selanjutnya perlu diketahui pula penarikan uang di teller BCA tidak dikenakan biaya nominal jika berada di bawah Rp100 juta. Namun jika melakukan penarikan tunai di atas Rp100 juta tanpa konfirmasi terlebih dahulu satu hari sebelumnya, maka akan dikenakan biaya sebesar Rp100.000.
 
Pada dasarnya, seluruh transaksi di BCA dapat dikuasakan. Namun, terdapat pula transaksi yang mewajibkan kehadiran nasabah dan tidak dapat dialihkan. Contohnya yakni pembukaan rekening, penutupan rekening, aktivasi PIN, dan lain sebagainya.
 
Berkaitan dengan surat kuasa, terdapat ketentuan yang perlu diperhatikan. Berikut ini penjelasan terkait ketentuan pengajuan penggunaan  Surat Kuasa Khusus di Teller:

  1. Nasabah mampu mengajukan lebih dari 1 surat kuasa khusus untuk satu rekening yang sama meskipun dalam cabang yang berbeda.
  2. Pengajuan dengan lebih dari satu surat kuasa untuk satu rekening yang sama di cabang yang sama akan otomatis menggugurkan surat kuasa yang dibuat sebelumnya.
  3. Nasabah dapat menggunakan satu surat kuasa untuk beberapa rekening yang berbeda di cabang BCA yang sama.
  4. Cabang pelaksana transaksi merupakan lokasi cabang saat nasabah mengajukan surat kuasa khusus.
  5. Surat kuasa khusus hanya berlaku di cabang yang tertera dalam surat kuasa yang diajukan nasabah.
  6. Nasabah wajib memberikan tanda tangan setiap transaksi.
  7. Pengajuan surat nasabah harus disertai pengisian surat kuasa khusus yang disediakan oleh BCA, KTP pemilik rekening dan penerima kuasa, verifikasi PIN pemilik rekening, disetujui oleh Kepala Layanan atau Wakil Kepala KCP.

Kontributor : Annisa Fianni Sisma

Baca Juga:
Perusakan ATM Marak di Karangasem, Komponen Mesin Diincar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *