Berita Aktual – HD Picture – Anime Picture
Berita  

Manfaat Puasa Rajab 10 Hari Pertama, Tak Hanya Mendapat Pahala

Suara.com – Umat muslim menyambut bulan rajab, tepatnya jatuh pada Senin, 23 Januari 2023. Mulai hari tersebut, setiap muslim dapat melaksanakan ibadah puasa Rajab. Dengan mengetahui manfaat puasa Rajab tentunya hal ini dapat menguatkan siapa saja untuk menjalankan ibadah puasa secara khusyuk.

Lantas apa saja manfaat puasa rajab tersebut? Puasa di bulan rajab termasuk ibadah sunnah yang dianjurkan oleh Nabi Muhammad SAW. Umat Islam dianjurkan untuk puasa sunah selama 10 hari pertama di bulan rajab. Ketentuannya tidak mewajibkan seseorang untuk puasa berturut-turut.

Meskipun demikian, alangkah baiknya jika bisa melaksanakan puasa rajab selama sepuluh hari pertama tanpa jeda supaya mendapatkan manfaat puasa rajab seperti berikut ini. 

1. Mendapatkan ridho dari Allah SWT

Baca Juga:
Doa Buka Puasa Rajab 2023 dan Tata Cara Berbuka Puasa Sunnah Berikut Dalilnya, Kata Ustadz Adi Hidayat Lc

Puasa sunnah pada hari pertama di bulan rajab sudah akan membuat umat muslim mendapatkan ridho dari Allah Swt untuk setiap tindakannya pada hari tersebut. Bahkan dijanjikan mendapatkan tempat di surga firdaus. 

2. Mendapatkan pahala yang besar

Bagi yang dapat puasa selama dua hari akan mendapatkan manfaat berupa pahala yang besarnya dua kali lipat  jumlah seluruh gunung di dunia ini. 

3. Dihalangi dari api neraka

Ketika umat islam dapat puasa sampai hari ketiga, ia akan mendapatkan berkah berupa dihalangi dari siksa api neraka. 

Baca Juga:
Doa Bulan Rajab dan Artinya Sesuai Ajaran Rasulullah SAW

4. Diselamatkan dari fitnah dajjal

Puasa sampai hari keempat akan mendapatkan manfaat berupa diselamatkan dari fitnah dajjal. Umat Islam juga akan dijauhkan dari segala macam marabahaya dan bencana di dunia. 

5. Selamat dari siksa kubur

Puasa sampai lima hari berturut-turut akan membebaskan umat islam dari siksa kubur. Ia akan mendapatkan ganjaran
selamat dunia dan akhirat. 

6. Wajah semakin bersinar

Dapat puasa sampai hari keenam akan mendapatkan jaminan wajahnya bersinar, sebab hatinya bersih. Ia terbebas dari hawa nafsu, yang menjadikan pikirannya jernih.

Ketika pikirannya jernih, sinar jernih itu akan terpancar. Bahkan sampai lubang kuburnya pun memancarkan sinar seperti rembulan. 

7. Mendapatkan kebebasan dari pintu neraka

Dapat puasa sampai hari ke tujuh akan mendapatkan manfaat berupa meraih kebebasan dari siksa dan pintu neraka.  Karena Allah SWT menutup tujuh pintu neraka kepada seseorang yang dengan khusyuk puasa rajab sampai hari ke tujuh. 

8. Dibukakan delapan pintu surga

Manfaat yang tiada terkira ialah dibukakan delapan pintu surga bagi yang dapat puasa sampai hari ke delapan. Ia akan merasakan nikmat surga yang tiada tara. 

9. Langsung masuk surga

Ketika dapat melaksanakan puasa rajab sampai hari ke sembilan, maka dijanjikannya surga. Ketika ia dibangukan dari kubur oleh malaikat dan menyebut kalimat “La illa ha illallah“, ia akan dapat langsung naik ke surga. 

10. Mendapatkan kemudahan menuju shiratal mustaqim

Bagi umat islam yang dapat puasa sampai hari ke sepuluh, ia akan mendapatkan pahala berupa jalan yang mulus menuju shiratal mustaqim. 

Niat Puasa Rajab

Agar niat puasa diterima oleh Allah SWT, jangan lupa untuk membaca niat. Berikut lafal niat puasa rajab. 

Nawaitu shauma Rajaba sunnatan lillaahi ta‘aalaa.

Artinya: “Aku berniat puasa Rajab, sunnah karena Allah ta‘aalaa.”

Demikian itu yang dapat disampaikan berkaitan dengan manfaat puasa rajab. Semoga bermanfaat.

Kontributor : Mutaya Saroh

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *