Berita Aktual – HD Picture – Anime Picture
Berita  

Contoh Ceramah Isra Miraj, Referensi Khutbah Sambut Perayaan Peristiwa Penting dalam Islam

Suara.com – Peringatan Isra Miraj 2023 jatuh pada Sabtu, 18 Februari 2023. Hari Isra Miraj juga masuk ke dalam daftar hari libur nasional 2023. Sehingga bakal ada ceramah Isra Miraj menjelang peringatan momen penting tersebut.

Dalam rangka menyambut hari Isra Miraj, kita semua bisa kembali membaca sejarah Isra Miraj atau mendengarkan ceramah Isra Miraj. Kalau kamu sendiri sedang mencari contoh ceramah Isra Miraj untuk dibacakan pada khotbah Jum’at, uraian di bawah ini mungkin cocok. 

Kamu bisa membawakan ceramah berjudul refleksi tentang Isra’ dan Mi’raj. Bawakan kembali kisah yang disampaikan oleh Sayyidi Habib Umar bin Hafiz yang merefleksikan Isra’ (Perjalanan Malam) dan Mi’raj (Kenaikan). 

Teks contoh ceramah Isra Miraj itu misalnya sebagai berikut ini: 

Baca Juga:
Sholawat Jibril Lirik dan Artinya, Amalan Mustajab Bacalah Rutin

Assalamualaikum wr. wr

Kita mendekati Rajab ke-27, malam di mana Islam merayakan Isra’ (Perjalanan Malam) dan Mi’raj (Kenaikan) Nabi kita. 
Isra’ dan Mi’raj adalah pertanda besar dan mukjizat besar yang Allah berikan kepada Rasul, untuk menunjukkan manusia di antara jin, malaikat dan seluruh ciptaan.

Ada pelajaran besar dalam peristiwa Isra Miraj dan ini pun dapat menjadi sarana untuk meningkatkan kepercayaan dan keimanan terhadpa Islam. Para ulama mengatakan bahwa malam terbaik adalah malam ketika Nabi dilahirkan, sedangkan malam terbaik dalam kaitannya dengan perjalanan Muhammad Saw sebagai Nabi sendiri adalah malam Isra’ dan Mi’raj.

Nabi telah menunjukkan kesabaran yang besar dalam menghadapi kesulitan dan itu adalah salah satu kebijaksanaan Allah bahwa Dia melimpahkan karunia-Nya disertai dengan kesulitan.

Allah berfirman: “Mereka menghadapi penderitaan dan kesulitan dan terguncang sedemikian rupa sehingga Rasulullah dan orang-orang beriman yang bersamanya berkata: “Kapan bantuan Allah akan datang?” Sesungguhnya pertolongan Allah selalu dekat. 

Baca Juga:
6 Syarat Wajib Puasa Sesuai Ayat Al Quran

Di akhir hayatnya, Rasulullah bersabda bahwa perlakuan terburuk yang diterimanya dari orang-orang adalah penolakan kerasnya di tangan orang-orang Ta’if. Sebagian besar ulama Sirah mengatakan bahwa Isra’ dan Mi’raj terjadi tak lama setelah ini, setahun sebelum hijrah pada malam ke-27 bulan Rajab.

Nabi melihat peristiwa Isra’ dan Mi’raj dalam mimpinya. Nabi mengalaminya dengan tubuh dan jiwanya. Seandainya Isra’ hanyalah sesuatu yang dialami Nabi dalam mimpinya, orang-orang Quraysh tidak akan kesulitan menerimanya.

Mereka tidak akan bertanya: “Bagaimana Anda bisa melakukan perjalanan ke Yerusalem tadi malam dan bersama kami di Makkah pagi ini?”

Peristiwa itu sendiri secara fisik tidak mungkin, di luar imajinasi orang-orang pada waktu itu. Bahkan saat ini, perjalanan dari Makkah ke Yerusalem memakan waktu lebih dari 2 jam dengan pesawat! Kisah Isra Miraj mungkin terdengar fiksi.

Namun, umat Islam mempercayainya dengan sepenuh hati sesuai dengan firman Allah SWT dalam Al-Quran Surah Al-Isra’: 1 tentang peristiwa itu sebagai bagian dari tanda-tanda keberadaan-Nya, yang berbunyi:

Sub-aanallazii asraa bi’abdihii lailam minal-masjidil-araami ilal-masjidil-aqsallazii baaraknaa aulahu linuriyahu min aayaatinaa, innahu huwas-samii’ul-basiir

Artinya: 

“Maha Suci Allah, yang telah memperjalankan hamba-Nya pada suatu malam dari Al Masjidil Haram ke Al Masjidil Aqsha yang telah Kami berkahi sekelilingnya agar Kami perlihatkan kepadanya sebagian dari tanda-tanda (kebesaran) Kami. Sesungguhnya Dia adalah Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui.”

Melalui surah Al Isra ayat satu, Allah SWT menegaskan umat muslim di seluruh dunia dapat bergantung kepadanya. 
Sebab hanya kuasaNya, yang dapat menolong kita dari segala hal buruk yang ada di dunia. 

Wassalamu’alaikum wr.wb. 

Demikian itu contoh ceramah Isra Miraj yang bisa dijadikan referensi khutbah.

Kontributor : Mutaya Saroh

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *