Berita Aktual – HD Picture – Anime Picture
Berita  

Fintech Sudah Berlari, Infrastruktur Digital dan Regulasi Belum Siap

JawaPos.com – Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) ingin pengembangan ekosistem ekonomi digital dapat dipercepat. Hal itu guna menjadikan Indonesia maju dalam pembangunan nasional. Sehingga dirinya meminta agar infrastruktur pendukung digital digenjot. Serta penguatan Sumber Daya Manusia (SDM) dan regulasi dapat diperkuat.

“Bagaimana menyiapkan infrastruktur digitalnya? Bagaimana menyiapkan pemerintah juga yang digital? Bagaimana menyiapkan status ekonomi digitalnya? Kemudian roadmap ekonomi digital itu seperti apa,” kata Presiden RI Joko Widodo, dikutip Jumat (19/11).

Jokowi memaparkan, terdapat beberapa pekerjaan besar yang perlu dilakukan untuk menopang kebutuhan ekosistem ekonomi digital. Salah satunya ketersediaan Infrastrutur pendukung seperti satelit, BTS, hingga pusat data.

“Infrastruktur digital, justru kita butuh fiber optik butuh microwave link, butuh satelit, butuh BTS (base transceiver station). Butuh semuanya! Butuh infrastruktur hilirnya. Pusat data data center,” tuturnya.

Jokowi menambahkan, semua kebutuhan tersebut harus segera disiapkan dan diselesaikan dalam waktu cepat. Sebab, batas waktu yang dimiliki pemerintah untuk membangun ekosistem digital hanya 2 tahun.

Jokowi mengaku, kesiapan regulasi digital berjalan lambat disaat keuangan digital sudah berkembang sangat pesat. Padahal Indonesia harus mengejar ketertinggalan dengan negara lain dalam waktu dua tahun ini.

“Regulasi terlambat terus, fintechnya sudah lari regulasinya belum ada. Kerja, kerja dengan kecepatan yang kita perlukan. Ini juga harus disiapkan dan saya berikan target 2 tahun,” pungkasnya.

Editor : Bintang Pradewo

Reporter : Romys Binekasri

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *