Berita Aktual – HD Picture – Anime Picture
Berita  

Apa Fungsi Pancasila bagi Bangsa Indonesia? Ini 9 Poinnya

Suara.com – Pancasila selama ini selalu dikenal sebagai dasar negara yang dipegang teguh oleh semua masyarakat Indonesia. Namun demikian, sebenarnya secara konseptual, terdapat beberapa hal yang perlu diperhatikan. Misalnya untuk menjawab : Apa fungsi Pancasila bagi bangsa Indonesia?

Apa Fungsi Pancasila Bagi Bangsa Indonesia?

Sebenarnya untuk menjawab pertanyaan ini, cukup banyak buku dan literasi yang bisa dijadikan acuan. Misalnya dalam buku berjudul Pancasila Sebagai Ideologi dan Dasar Negara oleh Ronto, berikut beberapa penjelasan fungsi Pancasila.

1. Sebagai Ideologi Negara

Baca Juga:
Apa Alasan Pancasila sebagai Dasar Negara?

Pancasila sebagai ideologi negara merupakan tujuan bersama bangsa Indonesia yang kemudian diimplementasikan ke dalam program pembangunan nasional, untuk mewujudkan masyarakat adil dan makmur secara material atau spiritual.

2. Sebagai Dasar Negara

Pancasila dijadikan dasar dalam mengatur penyelenggaraan pemerintahan. Makna lain adalah sebagai dasar untuk menata negara merdeka dan berdaulat, sebagai dasar mengatur penyelenggaraan aparatur negara yang bersih dan berwibawa sehingga tercapai tujuan nasional, dan sebagai arah dan petunjuk aktivitas perikehidupan bangsa Indonesia dalam kehidupan sehari-hari.

3. Sebagai Jiwa Bangsa Indonesia

Pancasila dianggap lahir bersamaan dengan adanya bangsa Indonesia, pada zaman Sriwijaya dan Majapahit. Sehingga Pancasila menjadi jiwa bangsa Indonesia sejak saat itu, sekarang, dan seterusnya.

Baca Juga:
Beberapa Rumusan Dasar Negara hingga Terbentuk Pancasila

4. Sebagai Kepribadian Bangsa Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published.