Berita Aktual – HD Picture – Anime Picture
Berita  

Ekosistem Ekonomi Digital, Jokowi Perintahkan Perkuat SDM

JawaPos.com – Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) terus mendorong agar ekosistem ekonomi digital dapat terwujud untuk pembangunan nasional. Namun, hal itu tentunya didukung dengan penguatan sumber daya manusia. Menurutnya, distrupsi digital yang sangat kompleks harus cepat diantisipasi dan dipersiapkan dengan hati-hati.

Salah satu upaya yang dapat ditempuh, yakni melalui Digital Leadership Academy yang telah diselenggarakan Kementerian Komunikasi dan Informatika.

“Yang paling penting adalah SDM. Kebutuhan ini sudah kebutuhan besar untuk membangun ekonomi digital. SDM tingkat dasar, SDM tingkat menengah urusan IoT, cloud computing, hingga big data,” kata Presiden RI Joko Widodo secara virtual dikutip, Jumat (19/11).

Jokowi menyebut, melalui program Digital Leadership Academy dapat sebagai salah satu cara efektif untuk membentuk talenta digital di Indonesia. Sehingga, Ia meminta jajarannya menjalin kerja sama untuk menggarap program tersebut.

“Hingga saya sampaikan segera cari partner kerja sama. Kemarin sudah ketemu dengan Oxford, Harvard, NUS dan Tsing Hua. Kalau kita ingin cepat, mungkin kita sendiri ngga mungkin sekarang ini,” ungkapnya.

Jokowi menambahkan, pemerintah terus berupaya memanfaatkan ekonomi digital untuk mewujudkan Indonesia maju yang memiliki potensi ekonomi digital RI sangat besar. Sebab, Indonesia memiliki pasar tang besar dan sekarang ini memiliki startup 2.229.

“Kemudian potensi ekonomi digital sampai 2025 kurang lebih USD 124 miliar,” pungkasnya.

Editor : Bintang Pradewo

Reporter : Romys Binekasri

Leave a Reply

Your email address will not be published.