Berita Aktual – HD Picture – Anime Picture
Berita  

Gairah Investasi Berisiko Terhambat, Penguatan Rupiah Tertahan

JawaPos.com–Pergerakan nikai tukar mata uang rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) masih mendapatkan hambatan. Hal itu seiring dengan sentimen negatif yang membayangi aset berisiko.

Mengutip kurs tengah Bank Indonesia (BI) posisi rupiah saat ini berada di level Rp 14.259 per dolar AS.

”Tekanan terhadap rupiah mungkin masih ada hari ini (18/11) karena sentimen negatif terlihat masih membayangi pergerakan aset berisiko,” kata analis keuangan Ariston Tjendra kepada JawaPos.com, Kamis (18/11).

Ariston menjelaskan, tekanan terhadap aset berisiko juga terlihat dari indeks saham Asia yang bergerak negatif pagi ini (18/11). Mengikuti pergerakan negatif indeks saham AS semalam. Hal tersebut dipicu kecemasan pelaku pasar terhadap data ekonomi AS.

”Kekhawatiran pasar terhadap kenaikan inflasi yang bisa melambatkan perekonomian masih menjadi penekan aset berisiko,” tutur Ariston.

Sebagai informasi, kemarin (17/11) telah diumumkan data inflasi Inggris yang sama seperti data inflasi AS dan Tiongkok yang menunjukkan kenaikan. Data inflasi Inggris pada Oktober naik 4,2 persen year on year dibandingkan bulan sebelumnya yang naik 3,1 persen.

”Hari ini (18/11) rupiah mungkin masih coba bergerak melemahn ke kisaran 14.280 dengan potensi support di kisaran 14.200,” papar Ariston.

Editor : Latu Ratri Mubyarsah

Reporter : Romys Binekasri

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *