Berita Aktual – HD Picture – Anime Picture
Berita  

APBN 2022 jadi Penggerak Utama Ekonomi

JawaPos.com – Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) meminta agar jajarannya mewaspadai tantangan Indonesia pada  2022 mendatang. Sebab, pandemi berpotensi berlanjut dan terjadi perlambatan ekonomi dunia.

“Karena pandemi global yang belum selesai-selesai,” kata Presiden RI Joko Widodo secara virtual, Rabu (27/11).

Jokowi meminta agar seluruh sumber daya dipersiapkan dalam menghadapi ketidakpastian tantangan yang akan terjadi tahun depan. Khususnya APBN 2022 yang menjadi instrumen utama dalam menggerakan perekonomian nasional.

“Karena itu APBN 2022 harus bisa menjadi instrumen utama untuk menggerakkan pertumbuhan ekonomi, memperkuat daya tahan ekonomi, mengakselerasi daya saing kita, utamanya daya saing di ekspor dan daya saing di investasi,” ungkapnya.

Menurutnya, penajaman dan efisiensi anggaran belanja perlu dilakukan lagi pada 2022 mendatang. Artinya jelang akhir tahun ini pemerintah harus mempersiapkan administrasi agar pada awal tahun depan bisa langsung eksekusi.

“Yang belanja-belanja rutinitas, belanja-belanja yang tidak perlu segera hilangkan, geser ke belanja produktif dan pastikan. Ini penting untuk 2022, awal 2022, Januari 2022, anggaran sudah bisa dieksekusi,” ucapnya.

Selain itu, lanjutnya, realisasi investasi harus segera dilakukan. Sementara komitmen investasi harus terus dikawal.

“Komitmen investasi banyak, tapi kadang-kadang kalau nggak dikawal, nggak diikuti, kalau nggak dimonitor, komitmen-komitmen itu lama direalisasikannya,” pungkas mantan Gubernur DKI Jakarta itu.

Editor : Estu Suryowati

Reporter : Romys Binekasri

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *