Berita Aktual – HD Picture – Anime Picture
Berita  

Waspadai Risiko Eksternal, Khususnya dari AS dan Tiongkok

JawaPos.com – Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) meminta agar para menterinya juga memantau dan mewaspadai perkembangan perekonomian global. Sebab, risiko-risiko global sangat mengancam perekonomian nasional. Hal tersebut akan mempengaruhi perdagangan atau ekspor Indonesia ke luar negeri.

“Yang berkaitan dengan risiko-risiko global agar semua diwaspadai seperti perkembangan ekonomi di Tiongkok. Betul-betul dilihat karena ekspor kita ke sana gede,” kata Presiden RI Joko Widodo secara virtual, Rabu (17/11).

Jokowi melanjutkan, selain perkembangan ekonomi Tiongkok, risiko dari tapering off Amerika Serikat (AS) juga perlu diwaspadai. Dalam hal ini terkait dampak dan persiapan dalam mengantisipasi pengaruh kebijakan moneter AS di Indonesia.

Selanjutnya, para menteri juga harus mewaspadai adanya inflasi global. Jokowi meminta agar dapat memperhitungkan dampak yang ditimbulkan.

“Semua kita kalkulasi, di mana yang mesti kita antisipasi,” tegasnya.

Jokowi menambahkan, fenomena siklus komoditi atau super cycle juga perlu diwaspadai. Sebab, meskipun saat ini komoditas unggulan ekspor Indonesia sedang melonjak tinggi, namun dipikirkan untuk penguatan industri berorientasi ekspor.

“Umumnya, biasanya ini hanya berlangsung 18 bulan. Maka harus diantisipasi dengan menguatkan industri pengolahan yang berorientasi ekspor,” pungkasnya.

Editor : Estu Suryowati

Reporter : Romys Binekasri

Leave a Reply

Your email address will not be published.