Berita Aktual – HD Picture – Anime Picture
Bisnis  

Pemerintah Gratiskan Biaya Sertifikasi Halal Usaha Mikro dan Kecil | Kinciakincia.com, Media Online Ekonomi dan Promosi Bisnis

Pemerintah Gratiskan Biaya Sertifikasi Halal Usaha Mikro dan Kecil

Juragan Anime – Pemerintah sepakat untuk tidak membebani usaha mikro dan kecil (UMK) dalam layanan sertifikasi jaminan produk halal (JPH). Untuk itu, saat ini Pemerintah tengah membahas tarif JPH dengan skema menggratiskan biaya sertifikasi halal bagi usaha mikro dan kecil.Hal ini disampaikan Wakil Presiden Ma’ruf Amin usai memimpin rapat kesiapan penerapan jaminan produk halal di Kantor Wakil Presiden, Jakarta.“Idenya memang UMK, bukan UMKM, Mnya (tidak ikut) jadi kecil dan mikro ya, itu yang idenya, semangatnya akan digratiskan. Semangatnya itu supaya mereka tidak terbebani,” ujar Wapres Ma’ruf, Kamis (9/1).Pemerintah saat ini masih terus membahas opsi anggaran untuk biaya sertifikasi halal, jika UMK digratiskan. Ia pun belum dapat memastikan apakah opsi itu meliputi subsidi dari ABPN maupun subsidi silang dari usaha besar.“Ya ini lagi nanti dipikirkan, supaya bagaimana biayanya murah ya tidak membebaini APBN dan tidak membebani perusahaan kecil, UMK,” ujar Kiai Ma’ruf.Menurutnya, pembahasan tersebut nantinya akan menghasilkan skema tarif yang transparan dan terukur, dan akan dituangkan dalam Peraturan Menteri Keuangan (PMK).“Nanti ada peraturan menteri keuangan, ini yang lagi digodok termasuk penerbitan PMK yang atur tarif,” imbuhnyaSelain tarif, Kiai Ma’ruf menuturkan sinkronisasi Kementerian dan Lembaga terkait JPH juga terus dilakukan. Tujuannya menurut Kiai Ma’ruf agar proses layanan JPH yang seharusnya sudah mulai operasional sejak 17 Oktober 2019, dapat segera dilaksanakan.Ia meyakini, jika aturan dan skema sudah jelas, penerapan sertifikasi halal melalui Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal bisa dilaksanakan secepatnya. “Keinginan kita secepatnya,” tandas Kiai Ma’ruf.

Berita Terkait

Selasa, 07 Januari 2020

Pemerintah Targetkan Pertumbuhan Ekonomi 5,6% – 6,2% Dalam 5 Tahun Kedepan

Pemerintah telah menuntaskan pembahasan mengenai Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) 2020 – 2024. Peraturan Presiden (Perpres) mengenai RPJMN ini akan diterbitkan selambat-lambatnya pada 20 Januari 2020.Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/ Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) Suharso Monoarfa mengatakan, hal-hal yang penting dalam RPJMN ini di …..

Kamis, 05 Desember 2019

Ekonomi Global Diprediksi Tumbuh Lebih Kencang Tahun Depan

Wakil Menteri Keuangan Suahasil Nazara memprediksi pertumbuhan ekonomi global membaik pada 2020. Hal ini seiring peningkatan pertumbuhan volume perdagangan global. Pertumbuhan ekonomi global diprediksi naik dari 3% tahun ini menjadi 3,4% tahun depan. Sedangkan pertumbuhan volume perdagangan global diperkirakan meningkat dari 1,1% tahun ini menjadi 3,2% tahun depan. “Di 2020 volume perdaganga…..

Selasa, 19 November 2019

Ekonomi Indonesia Triwulan III/2019 Naik 5,02%

Stabilitas ekonomi Indonesia masih tetap terjaga di tengah prospek perlambatan pertumbuhan perekonomian global. Di saat ekonomi global tahun ini diproyeksikan tumbuh 3,0 persen atau terendah sejak krisis keuangan global tahun 2008, kondisi di dalam negeri secara year-over-year Produk Domestik Bruto (PDB) Indonesia triwulan III masih tumbuh 5,02 persen sebagaimana dilaporkan Badn Pusat Statistik (B…..

Rabu, 13 November 2019

Harga Minyak Kembali Jatuh, Dipicu Keresahan Perlambatan Ekonomi Dunia

Harga minyak mentah dunia kembali melemah. Kekhawatiran pasar terkait perlambatan pertumbuhan ekonomi global dan permintaan minyak akibat perang dagang Amerika Serikat (AS) dan Tiongkok yang tak kunjung berakhir disinyalir menjadi faktor utama yang menekan harga minyak. Melansir Reuters, harga minyak berjangka Brent pada perdagangan Rabu (13/11), turun 12 sen menjadi US$ 62,06 per barel diband…..

Kamis, 10 Oktober 2019

Wah Indonesia Masuk 20 Negara Terbaik untuk Berbisnis

Indonesia masuk dalam daftar 20 negara terbaik untuk berbisnis (open for business) sedunia. Menurut Menurut laporan US News and World Report dalam 2019 Best Countries, Indonesia berada di peringkat 19 dengan skor 5,9 dari skala 10. Laporan tersebut mengungkapkan perusahaan akan melakukan analisis biaya dan manfaat (cost benefit analysis) untuk menentukan prioritas bisnis mereka. US News menghimpun…..

Kirim Informasi Untuk Teman


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *