Berita Aktual – HD Picture – Anime Picture
Berita  

Jelang Tutup Tahun Serapan APBD Kecil, Jokowi Minta Mendagri Pantau

JawaPos.com – Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) meminta agar pemerintah pusat maupun pemerimtah daerah mempercepat penyerapan anggaran, khususnya bantuan kepada masyarakat terdampak Covid-19.

“Saya minta, ini sudah bulan November, masuk ke Desember, jadi percepat realisasi APBN dan APBD. Artinya setiap kementerian dan lembaga harus konsentrasi mempercepat realisasi,” ujarnya secara virtual, Rabu (17/11).

Jokowi juga meminta agar Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) memantau anggaran daerah yang serapannya masih kecil. Ia meminta agar daerah yang serapannya kecil dapat diberi perhatian khusus, karena sangat penting untuk pemulihan ekonomi nasional.

“Kemudian Mendagri lihat APBD-APBD yang serapan anggarannya masih kecil juga berikan perhatian. Tekankan pada mereka bahwa APBD ini penting untuk pertumbuhan ekonomi kita,” tuturnya.

Jokowi mengungkapkan, beberapa realisasi dana perlindungan sosial jelang tutup tahun ini masih sangat kecil, bahkan belum mencapai 80 persen. Padahal masyarakat sangat membutuhkan anggaran tersebut selama pandemi masih berlangsung.

“Perlindungan sosial baru mencapai 77 persen dari DIPA, kemudian program Padat Karya baru mencapai 67 persen, serta dukungan untuk UMKM dan korporasi baru 60 persen,” pungkasnya.

Editor : Estu Suryowati

Reporter : Romys Binekasri

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *