Berita Aktual – HD Picture – Anime Picture
Berita  

Airlangga Beberkan Tantangan Ekonomi Indonesia Tahun Depan

JawaPos.com – Pemerintah terus berupaya menjaga perekonomian nasional di tengah pandemi Covid-19 yang masih berlangsung. Menteri Koordinator (Menko) Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto menyebut, perkembangan kasus Covid-19 yang kembali melonjak di kawasan Eropa menjadi pantauan pemerintah.

“Covid-19 belum berakhir dan dengan berbagai variannya. Di Eropa itu menimbulkan gelombang yang keempat,” ujarnya secara virtual, Senin (22/11).

Menurut Airlangga, ekonomi Indonesia juga akan dihadapkan dengan isu geopolitik dan perekonomian global. Perang dagang masih berlanjut saat pandemi Covid-19 hingga ancaman kebijakan moneter Amerika Serikat (AS) yaitu tapering off yang dilakukan The Fed.

The Fed nantinya akan mulai menurunkan tingkat pembelian obligasi pemerintah (treasury) sebesar USD10 miliar per bulan, bank sekuritas berbasis hipotek atau MBS sebesar USD5 miliar. Kebijakan ini diperkirakan akan dilanjutkan hingga Juni 2022.

Kenaikan harga energi yang berpotensi menimbulkan krisis energi juga menjadi sorotan pemerintah. “Kita ketahui energi sempat harganya minus, namun kenaikan energi ini diperkirakan juga sangat berpengaruh terhadap negara kita terutama terkait dengan subsidi energi,” ungkapnya.

Di sisi lain, Airlangga menambahkan, isu perubahan iklim juga akan menghantui perekonomian global yang tentunya akan berdampak pada perekonomian Indonesia. Bahkan hal itu menjadi ancaman jangka panjang yang harus diantisipasi.

Editor : Estu Suryowati

Reporter : Romys Binekasri

Leave a Reply

Your email address will not be published.