Berita Aktual – HD Picture – Anime Picture
Berita  

Kemenkeu Prediksikan Dana PEN 2021 Tak Terserap 100 Persen

Suara.com – Kementerian Keuangan (Kemenkeu) memprediksikan penyerapan dana Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) 2021 ini tidak sampai 100 persen. Hanya 95 persen dana PEN akan terserap hingga akhir akhir tahun ini.

Wakil Menteri Keuangan, Suahasil Nazara mengungkapkan, dari pagu anggaran Rp744,77 triliun hingga 19 November kemarin baru terserap 67 persen.

“Estimasi kami PEN ini akan terealisasi sampai 95 persen di akhir tahun nanti,” ujar Suahasil dalam Economic Outlook 2022, Senin (22/11/2021).

Suahasil memaparkan, beberapa sektor anggaran baru akan menyerap dana PEN itu pada akhir tahun ini. Misalnya, pada sektor kesehatan, akan mulai tinggi penyerapaan akhir tahun ini, karena penyelesaian tagihan yang masih dalam proses.

Baca Juga:
Total Anggaran PEN Sudah Rp483 Triliun Disalurkan, Sektor Kesehatan Dapat Jatah Terbesar

“Kemarin saat ada Delta, biaya rumah sakit yang ditanggung negara ini mengalami peningkatan, kita akan lihat di akhir tahun nanti berapa total tagihannya,” kata dia.

Selain itu, Mantan Kepala Badan Kebijakan Fiskal ini menyebut dana untuk perlindungan sosial akan mencapai target, hanya tinggal menunggu pembayaran pada bulan November dan Desember ini.

“Dukungan UMKM dan korporasi juga seperti itu, subsidi bunga KUR masih dalam proses penagihan. Namun ini akan terserap sekitar 90% di akhir tahun,” ucap dia.

Suahasil melanjutkan, program-program prioritas yang dijalankan Kementerian/Lembaga juga baru akan terserap pada akhir tahun ini.

“Jadi baru 64%, namun seperti biasa, di triwulan IV akan ada dorongan penyerapan anggaran yang lebih tinggi,” imbuhnya.

Baca Juga:
Dana PEN Sudah Cair 65 Persen, Nilainya Rp 483 Triliun

Namun demikian, Suahasil merasa senang dengan anggaran untuk insentif usaha yang diprediksi penyerapannya lebih dari 100 persen.

Dirinya merasa senang karena, dengan penyerapan insentif untuk dunia usah membuktikan bahwa kegiatan ekonomi tetap berjalan di tengah pandemi.

“Kalau klaim bisa sampai 99 persen, ini artinya ada kegiatan ekonomi. Sampai akhir tahun kemungkinan besar ini akan melewati 100 persen dan kita akan akomodasi sebagai bentuk dorongan dari APBN agar kegiatan ekonomi terus bergulir. Berapa persisnya, ini nanti kita lihat di Desember, namun hampir pasti insentif usaha dalam konteks pemulihan ekonomi nasional akan melewati 100% dari pagunya,” pungkas Suahasil.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *