Berita Aktual – HD Picture – Anime Picture
Berita  

Bacaan Doa untuk Guru Dibaca saat Momen Hari Guru Nasional 25 November

Suara.com – Berikut ini bacaan doa untuk guru yang dapat kalian bacakan ketika momen Hari Guru Nasional 25 November nanti. 

Peran guru sangat luar biasa dalam kehidupan sehari-hari, seperti mengajarkan dan mendidik para muridnya. Sebagai bentuk membalas kebaikan guru, seorang murid tentunya wajib untuk selalu mendoakan para gurunya. Hal ini agar seluruh ilmu yang telah didapatkan bernilai berkah serta bermanfaat bagi banyak orang.

Rasulullah SAW telah menjelaskan bahwa siapa pun mendoakan seseorang termasuk perbuatan mulia. Dalam hadist riwayat Abu Daud, Rasulullah SAW bersabda, “Siapa yang memberikan kebaikan untukmu, maka balaslah. Jika kamu tidak mampu membalasnya, doakanlah ia hingga kamu yakin telah benar-benar membalasnya.’” (HR. Abu Daud).

Dalam kitab Lubab Al-Hadits karya Imam Jalaludin As-Suyuthi menyebutkan bahwa bagi siapa pun yang memuliakan guru maka ganjarannya adalah surga.

Baca Juga:
Logo Hari Guru Nasional 2021: Makna dan Link Download

Dalam kitab Lubab Al-Hadits tertulis sabda Rasulullah SAW yang berbunyi, “Barangsiapa memuliakan orang berilmu (guru), maka sungguh ia telah memuliakan aku. Barangsiapa memulikan aku, maka sungguh ia telah memuliakan Allah. Barangsiapa memuliakan Allah, maka tempatnya di surga”.

Dari sabda Rasulullah SAW dapat diambil pelajaran bahwa seorang guru harus dimuliakan salah satunya dengan cara mendoakannya. Melalui perjuangan dan kesabarannya, seorang murid wajib untuk membalas kebaikkan para guru dengan cara mendoakannya.

Berikut ini adalah bacaan doa untuk guru yang wajib untuk diketahui.

1.     “Allahummaghfir li masyayikhina wa liman ‘allamana warhamhum wa akrimhum bi ridlwanikal ‘adzim fi maq’adis shidqi ‘indaka ya arhamar rohimin”

Artinya: “Ya Allah, ampunilah guru-guru kami dan orang yang telah mengajar kami. Sayangilah mereka, muliakanlah mereka dengan keridhaan-Mu yang agung, di tempat yang disenangi di sisi-Mu, wahai Yang Maha Penyayang di antara penyayang.” (Imam al-Haris al-Muhasibi, Risâlah al-Mustarsyidin, Dar el-Salam, halaman 141).

Baca Juga:
20 Ucapan Hari Guru Nasional 2021, Quote dari Ki Hajar Dewantara Hingga R.A Kartini

2.     “Allahumma-stur ‘aiba mu ‘allimi ‘anni wala tadzhab barakata ‘ilmihi minni”

Leave a Reply

Your email address will not be published.