Berita Aktual – HD Picture – Anime Picture

Dunia Sorot Kemampuan RI Kendalikan Pandemi

JawaPos.com – Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) meminta agar penanganan Covid-19 terus dilakukan maksimal menjelang pertemuan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20. Sebab, kemampuan Indonesia dalam mengendalikan Covid-19 menjadi sorotan dunia.

“Perlu saya ingatkan bahwa kegiatan kick off untuk meeting di KTT G20 nanti akan dilakukan di Jakarta. Dan kick off untuk finance track di Bali awal Desember, sehingga dunia akan melihat kita. Oleh sebab itu, kemampuan kita dalam mengendalikan pandemi betul-betul diuji dan utamanya dalam menjalankan prokes,” kata Presiden RI Jokowi dalam akun YouTube, dikutip Selasa (23/11).

Jokowi minta protokol kesehatan Covid-19 senantiasa diterapkan secara disiplin. “Oleh sebab itu, saya minta secara detail didampingi dari Satgas kedatangan delegasi di bandara, di hotel, dan di lingkungan hotel atau resort sampai ke venue-venue,” jelasnya.

Selain itu, Jokowi juga meminta agar rencana penerapan PPKM level 3 di seluruh Indonesia pada saat Natal 2021 dan tahun baru 2022 dikomunikasikan dengan baik kepada masyarakat. Sebab, ada masyarakat yang menikah adanya aturan tersebut.

“Apabila situasi tidak terkendali justru akan memukul balik ekonomi dan pariwisata kita, apalagi sekali lagi kita akan menjadi tuan rumah 150 meeting yang ada di G20. Oleh sebab itu saya minta intervensi di lapangan benar-benar terus dilakukan satgas, terhadap event-event yang ada,” jelasnya.

Selanjutnya, Jokowi juga meminta agar pemerintah daerah dapat membuat aturan secara tepat untuk mempertahankan momentum pertumbuhan yang positif di akhir tahun. “Gubernur, bupati, wali kota untuk menyeimbangkan betul betul gas dan rem sehingga kita bisa mempertahankan momentum untuk tumbuh positif. Kita tahu di kuartal II tumbuh 7,07 persen, kuartal III tumbuh 3,51 persen, dan kita harapkan kuartal IV ini lebih baik dari kuartal III,” pungkasnya.

Editor : Estu Suryowati

Reporter : Romys Binekasri

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *